Sukses

Beauty

Tips Menjaga Kebersihan Selama Haid, No. 3 Penting Banget!

Selama haid, segala sesuatunya jadi terasa tidak nyaman. Badan sakit semua dan harus lebih hati-hati saat beraktivitas. Cuma kadang yang sering kita lupa adalah selama haid, kita perlu memberi perhatian ekstra pada kebersihan tak hanya kebersihan tubuh tapi juga organ intim.

Sudahkah kamu menjaga kebersihan dengan benar selama haid? Yuk, coba cek lagi. Berikut ini tips-tips yang penting banget untuk diikuti selama haid agar kebersihan dan juga kesehatan terjaga.

    Ganti Pembalut Tiga Jam Sekali

    Seperti yang dikutip oleh thehealthsite.com, darah haid yang keluar itu bisa terkontaminasi oleh organisme bawaan tubuh. Kalau pembalut tidak sering diganti, organisme ini bisa berkembang biak dengan cepat karena area yang basah dan lembap merupakan sarangnya. Risikonya pun cukup berbahaya, karena bisa menyebabkan infeksi saluran kemih, infeksi vagina, dan ruam-ruam kulit. Idealnya pembalut harus diganti setiap tiga jam sekali. Tapi ini juga bisa tergantung dengan banyaknya darah yang keluar, kalau lagi banyak-banyaknya kamu perlu mengganti pembalut setiap dua jam sekali.

    Bersihkan Organ Intim Sebelum Ganti Pembalut

    Basuh dan bersihkan area kewanitaanmu setiap akan ganti pembalut yang baru. Tujuannya selain menjaga kebersihan juga mencegah bau tak sedap. Biasanya darah haid akan mengenai permukaan kulit di sekitar selangkangan, jadi pastikan area ini juga selalu bersih ya.

    Basuh dari Depan ke Belakang

    Saat akan membasuh area kewanitaan, basuh dari depan ke belakang, bukan sebaliknya. Kalau kamu membasuh dari belakang, bakteri dari anus bisa masuk ke Miss V dan dapat meningkatkan risiko infeksi.

    Jangan Menyabuni Area Kewanitaanmu

    Miss V punya cara dan mekanismenya sendiri untuk menyeimbangkan bakteri baik dan bakteri buruk. Menyabuni atau membasuh area kewanitaan dengan sabun bisa berisiko membunuh bakteri baik yang malah memicu infeksi. Jadi sebenarnya kamu tak memerlukan sabun atau produk pembersih apapun untuk menjaga kebersihan organ intim, cukup pakai air bersih saja.

    Cuci Tangan Setiap Kali Selesai Menyentuh Pembalut

    Setiap kali selesai menyentuh pembalut atau membuang pembalut, pastikan kamu mencuci tangan dengan bersih. Cek juga jangan sampai ada noda darah yang mengotori baju atau bagian tubuhmu yang lain. Kalau perlu selalu sedia tisu basah dan gel pencuci tangan jika sewaktu-waktu kamu membutuhkannya.

Penting juga untuk tetap mandi dua kali sehari, ya Ladies. Jangan sampai bau badan tak sedap karena keringat yang menempel serta kebersihan organ intim tak terjaga.

Yuk, lebih perhatian lagi pada kebersihan kita.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading