Sukses

Beauty

Penting! 8 Gejala Kanker Paru-Paru yang Perlu Diwaspadai Wanita

Mendengar kata kanker saja pastinya sudah membuat kita bergidik sendiri. Kanker tak ubahnya seperti momok yang selalu menghantui. Meski menakutkan kita tetap perlu membekali diri dengan info-info penting terkait penyakit ini.

Ladies, tahukah kalah kanker paru-paru membunuh lebih banyak wanita daripada jenis kanker lainnya? Hanya saja tak banyak wanita yang mengetahui dan waspada dengan gejalanya. Padahal dengan mengetahui gejalanya dari awal, peluang untuk sembuh akan lebih besar. Sekarang, yuk kita kenali delapan gejala umum kanker paru-paru pada wanita.

    Napas Pendek

    Seperti yang dilansir oleh littlethings.com, kalau baru bangun tidur kamu sudah merasa sesak napas atau napasmu pendek-pendek, waspadai gangguan pernapasan. Napas pendek-pendek atau sesak bisa jadi gejala awal kanker paru-paru.

    Rasa Lelah yang Luar Biasa

    Rasa lelah dan letih bisa jadi tanda tubuh kita sedang menggunakan energi cadangan untuk memulihkan diri. Kalau rasa lelah disertai kesulitan untuk tidur di malam hari, segera berkonsultasilah dengan dokter.

    Batuk Terus Menerus

    Kalau batuk yang kamu rasa terus menerus dan tak bisa berhenti, segera periksakan diri. Batuk merupakan reaksi alami tubuh ketika terjadi iritasi di sistem pernapasan. Dan kalau terjadi terus-menerus, ini bisa jadi gejala awal kanker paru-paru.

    Nyeri Punggung dan Bahu

    Rasa nyeri dan sakit di area tulang belikat bisa jadi tanda ada sesuatu yang salah pada tubuhmu. Wanita lebih rentan terkena kanker paru-paru yang disebut adenokarsinoma(kanker yang dimulai di sel yang melapisi organ-organ internal tertentu dan yang memiliki properti mirip kelenjar). Sehingga gejala awalnya bisa meliputi merasakan adanya tekanan atau nyeri di area tulang rusuk dan tulang belakang.

    Suara Serak atau Parau

    Dalam sejumlah kasus, suara serak atau parau bisa jadi tanda menyebarnya kanker. Kanker di saluran pernapasan bisa menyebabkan pita suara iritasi dan meradang, sehingga membuat suara kita serak. Kalau serak tak kunjung hilang selama lebih dari tiga minggu, segera periksakan diri ke dokter.

    Berat Badan Turun Mendadak

    Kalau berat badan turun secara tiba-tiba sementara kamu juga tak sedang dalam program diet, penting untuk segera berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui penyebab pastinya.

    Susah Menelan

    Kalau ada bengkak dan radang di saluran pernapasan, dampaknya kita akan kesulitan untuk menelan makanan. Jika minum air atau makanan lembek sudah terasa menyiksa (sulit ditelan), segera berkonsultasi ke dokter.

    Nyeri Dada

    Gejala awal adenokarsinoma bisa meliputi nyeri punggung juga nyeri dada. Kalau ada rasa sakit yang terus intens di bagian tertentu tulang rusuk dalam kurun waktu lama, segera cari akar penyebabnya. Bisa jadi itu adalah gejala kanker paru-paru.

Itu tadi delapan gejala umum kanker paru-paru pada wanita. Intinya kalau kamu sudah merasa ada sesuatu yang nggak beres dengan tubuhmu, segera cari bantuan dan periksakan diri ke dokter, ya Ladies.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading