Sukses

Beauty

Hindari Kurang Tidur Jika Tak Ingin Berisiko Kanker Payudara

Buat kamu yang suka begadang saat malam dan memiliki tidur yang kurang, pastikan mulai saat ini untuk menghentikan kebiasaan tersebut. Kenapa kamu harus menghentikan? Menurut berbagai penelitian, kurang tidur sangat tidak baik buat kesehatan.

Kurang tidur juga memungkinkan seseorang derita berbagai risiko penyakit berbahaya dan mematikan. Bahkan, para ahli mengungkapkan bahwa kurang tidur rentan membuat seseorang merasa kelelahan berlebih. Kurang tidur juga memungkinkan buat seseorang mengalami obesitas hingga kanker payudara.

Ya, dikutip dari laman dailymail.co.uk, kurang tidur akan meningkatkan risiko kanker payudara 30 persen lebih besar. Para peneliti di Michigan State University mengungkapkan bahwa orang-orang yang sering kali begadang saat malam akan mengalami perubahan hormon dan mendorong pertumbuhan tumor di tubuh khususnya di bagian payudara. Kurang tidur saat malam juga memungkinkan seseorang mengalami penurunan melatonin. Saat melatonin berkurang, ini akan menyebabkan sel tumor dan kanker berkembang dengan mudah dan cepat.

Menurut para ahli, saat tidur, otak akan memproduksi melatonin yang mampu melawan kanker. Sementara itu, jika seseorang tidak tidur saat malam dan kerap kali begadang, ini akan membuat produksi melatonin tidak maksimal. Kurangnya melatonin di dalam tubuh inilah yang nantinya akan meningkatkan risiko kanker dan mempermudah sel kanker tumbuh juga berkembang di tubuh.

Juliana Lopes, seorang peneliti dari Sao Paolo, Brasil, mengungkapkan bahwa sel kanker dan tumor akan sangat mudah menyerang orang-orang yang kurang tidur. Tak hanya itu saja, sel kanker dan tumor juga sangat memungkinkan berkembang serta tumbuh pada mereka yang tidur di dekat gadget atau alat elektronik. Radiasi dari gadget juga alat elektronik lainnya inilah yang nantinya meningkatkan pertumbuhan sel kanker di tubuh.

Mengenai kanker yang rentan menyerang, para peneliti mengungkapkan bahwa kanker payudara adalah kanker yang paling berisiko. Bahkan, di Amerika Serikat sendiri, kanker menjadi salah satu penyakit paling mematikan di dunia. Di beberapa negara, kanker justru menjadi penyakit paling membunuh di samping jantung dan stroke.

So Ladies, ketika kita semua ingin terbebas dari masalah kanker payudara, pastikan untuk memiliki tidur cukup setiap harinya. Pastikan pula untuk menerapkan pola hidup sehat, olahraga rutin dan minum air putih cukup. Hindari pula tidur dengan gadget di dekatmu dan alat elektronik yang masih menyala. Semoga, informasi ini bermanfaat

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading