Sukses

Beauty

Hati-Hati, Kenali 2 Gejala Umum Kanker Pita Suara

Ladies, Anda pasti pernah mendengar kabar akhir-akhir ini yang menceritakan tentang adanya kanker pita suara. Kanker ini sebenarnya lebih mengarah pada kanker laring dalam bidang kedokteran, namun memang mengganggu bagian pita suara.

Penyebab yang selama ini menjadi paling utama adalah rokok. Perokok aktif, terutama, yang menjadi sasaran berkembangnya sel kanker ini. Oleh karena itu, jika Anda menyayangi diri sendiri, maka juga harus diikuti dengan cara menyayangi bagian tubuh Anda yang lain, salah satunya adalah laring di mana terletak pita suara.
Jika ingin tahu bagaimana gejala kanker ini, maka berikut rangkumannya dari www.cancerresearchuk.org.

Perubahan suara
Gejala ini adalah yang paling bisa diamati untuk kanker pita suara. Jika Anda memiliki gejala perubahan suara menjadi serak, sulit berbicara atau suara menghilang selama lebih dari 3 minggu, bisa jadi itu adalah gejala kanker laring. Hal ini dikarenakan ini merupakan gejala paling umum yang bisa ditandai dari kanker laring. Namun tentu saja bisa juga terjadi karena sebab lain.

Kesulitan menelan
Gejala ini bisa dirasakan bertahap, dari mulai seperti terasa ada yang mengganjal di tenggorokan hingga merasa tersendat dan tidak bisa sama sekali menelan makanan. Anda mungkin pula mengalami rasa seperti panas atau rasa sakit saat menelan makanan. Anda mungkin juga merasakan ada makanan yang tersangkut di tenggorokan sehingga sangat mengganggu. Jika sudah begini, segera periksa ke dokter.

Itu tadi dua gejala utama kanker laring yang bisa Anda amati dan rasakan jika saja terserang kanker pita suara. Ada gejala lain yang juga mengikuti dua gejala tersebut, yaitu batuk-batuk, nafas pendek-pendek serta penurunan berat badan. Jadi, daripada harus merasakannya, lebih baik mencegah bukan? Yuk hentikan kebiasaan merokok.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading