Sukses

Beauty

Perawatan Rumahan Untuk Batuk Sesak Napas Anak

Bunda, kasihan juga ya jika anak sampai menderita kesulitan bernafas karena batuk yang dideritanya? Anak-anak kerap mengalami batuk sesak nafas, namun kebanyakan hal itu bukan merupakan asma, melainkan lebih disebabkan oleh infeksi virus.
Untungnya, karena bukan merupakan asma yang menetap, gangguan ini bisa segera disembuhkan dalam waktu yang relatif singkat dengan perawatan intesif di rumah.

Untuk itu, kitchenstewardship.com membagikan beberapa tips yang bisa Anda terapkan di rumah untuk mengobati anak Anda. Langkah paling alami pertama adalah membawa anak ke luar rumah di malam hari atau ke depan kulkas untuk menghirup udara yang sangat dingin.

Jangan khawatir Bunda, karena udara dingin yang ekstrim ini justru akan membuka saluran nafas yang mengalami penyempitan. Selain itu, Anda juga bisa mencoba terapi uap untuk membantu anak bernafas lebih lega. Lebih baik lagi apabila sari-sari kayumanis, thyme, atau cengkeh disertakan dalam rebusan air untuk terapi uap ini.

Kompreslah dada anak dengan lap hangat, dan bila ada, berikan juga minyak kayu putih atau peppermint oil, yang bisa membuka jalur pernafasan. Namun, jangan berikan minyak ini apabila anak Anda masih dibawah usia dua tahun.

Bila ada, nyalakan humidifier atau vaporizer agar ruangan menjadi lebih lembab. Jika anak Anda mengeluhkan rasa nyeri yang menyertai batuk dan sesak, berikan es loli bebas gula untuk melegakan tenggorokan anak.

Tapi hanya berikan langkah ini apabila sudah benar-benar diperlukan ya, Bunda. Selain itu, anak perlu diberikan banyak cairan, maka dari itu lebih baik Anda memberikan air, teh chamomile, teh madu, atau jeruk hangat pada anak untuk membantu menghangatkan pernafasannya.

Selamat mencoba.

 

Oleh: Adienda Dewi S.

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading