Sukses

Beauty

6 Gejala Sesak Nafas - Bagian 2

Ladies, pada artikel sebelumnya Ladies telah menyimak salah satu dari 6 gejala sesak nafas yang utama. Gejala tersebut adalah nafas yang berbunyi.

Seperti yang telah Ladies simak pada artikel sebelumnya, nafas yang berbunyi dapat Ladies jadikan tolok ukur kalau Ladies sedang kesulitan bernafas meski Ladies merasa aliran udara yang masuk di saluran pernafasan cukup lancar.

Jangan dikira sesak nafas adalah kondisi dimana Ladies benar-benar sulit bernafas seperti asma lho ya, nafas yang lancar dan ‘bersih’ sekalipun dapat menunjukkan kalau Ladies sedang sesak nafas dengan adanya bunyi nyaring melengking atau bunyi berat.

Itulah kenapa, menurut laman copd.about.com, saat orang mendengkur di tidurnya, sebenarnya itu juga menjadi suatu indikasi adanya masalah pada sistem pernafasannya dan itu sudah dapat dikategorikan sebagai sesak nafas.

Nah, kali ini, Ladies akan menyimak satu gejala lain sebagai tanda kalau seseorang sedang mengalami sesak nafas. Tanda ini berhubungan dengan ekspresi wajah dan gesture tubuh yang ditunjukkan penderita.

Pada umumnya, seperti yang mungkin sudah Ladies ketahui, orang akan menunjukkan ekspresi kesakitan diwajahnya karena berusaha mencari oksigen dan tangannya akan memegang dada bagian tengah. Selain ekspresi wajah dan gesture umum tersebut, saat Ladies melihat ada orang yang sedang sesak nafas, ia akan membuka mulutnya lebar untuk berusaha mengambil udara lewat mulut.

Selain itu, terkadang penderita sesak nafas akan membungkukkan badan karena ia merasakan sakit di dada. Sambil membungkukkan badan, orang tersebut tetap berusaha mencari oksigen dengan menarik nafas sedalam-dalamnya baik melalui hidung maupun melalui mulut.

Oleh: Anindita Yurizqi

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading