Sukses

Beauty

6 Gejala Sesak Nafas - Bagian 4

Ladies, setelah menyimak dua gejala sesak nafas yang berhubungan dengan ekspresi wajah dan tanda yang ditunjukkan dari gerak tubuh, kali ini Ladies akan menyimak satu gejala lain yang berhubungan dengan kondisi tubuh penderita sesak nafas itu sendiri.

Saat mengalami sesak nafas, pastilah Ladies akan merasakan rasa sakit di bagian-bagian tertentu pada tubuh. Yang pasti terasa sakit seketika adalah bagian dada Ladies. Dada yang merupakan pusat markas sistem pernafasan pasti akan terkena dampak secara langsung kalau Ladies mengalami sesak nafas.

Dada adalah tempat dimana segala jenis otot yang berhubungan dengan sistem pernafasan berkumpul. Hal ini dikarenakan pada tubuh bagian dada terdapat satu organ pernafasan penting, yaitu paru-paru.

Saat Ladies mengalami sesak nafas, dada akan terasa sakit dan refleks Ladies akan memegang dan berusaha memijat bagian dada Ladies yang terasa ‘cekit-cekit’ atau sesak.

Namun, seperti yang dijelaskan dalam laman copd.about.com, tidak hanya dada bagian depan saja yang terasa sakit lho Ladies. Karena kompleksnya sistem pernafasan manusia, akan banyak sekali organ dan otot yang dilibatkan dalam sistem utama tubuh ini. Yang paling utama selain dada sih, ada diafragma.

Kalau diafragma, pasti Ladies bisa memahami dan menarik garis merahnya. Diafragma memang juga berperan dalam sistem pernafasan.

Otot-otot dada yang menegang saat terjadi sesak nafas akan membuat diafragma ikut berkontraksi sebagai reaksi alami saat Ladies mengambil nafas namun tidak mendapat sedikitpun asupan oksigen dan akhirnya bagian bawah dada pun ikut terasa sakit yang amat sangat.

Bahayanya nih Ladies, kalau dibiarkan terlalu lama, diafragma bisa terjepit karena tegang terus menerus.

Oleh: Anindita Yurizqi

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading