Sukses

Beauty

6 Gejala Sesak Nafas - Bagian 5

Setelah menyimak pembahasan mengenai gejala sesak nafas yang muncul berupa rasa sakit yang amat sangat di bagian dada dan bawah dada atau diafragma, kali ini Ladies akan menyimak satu gejala lagi yang berhubungan dengan cara bernafas saat sesak melanda.

Gejala satu ini sedikit berhubungan dengan gejala sesak nafas yang ditunjukkan dengan ekspresi wajah dan gestur tubuh.

Seperti yang sudah Ladies simak di artikel tentang ekspresi wajah kesakitan saat sesak nafas, wajah orang yang sedang mengalami sesak nafas juga akan terlihat seperti orang gagap karena mulutnya terbuka untuk mencari-cari oksigen di udara untuk dihirup melalui mulut.

Nah, saat penderita sesak nafas ini berusaha menangkap oksigen melalui mulut, ia merasa bahwa mengambil nafas dengan cara biasa melalui hidung akan sangat sulit karena hidung terasa tertutup. Seperti yang dilangsir dari laman copd.about.com, bernafas melalui hidung saat sesak nafas hampir tidak mungkin untuk dilakukan.

Selain saluran udara dan pernafasan yang tertutup, bernafas melalui hidung justru akan membuat sesak makin parah karena oksigen yang diambil lewat hidung tidak akan bisa masuk dan usaha ini pun akan menjadi sia-sia.

Karena itulah, orang yang sedang sesak nafas secara refleks akan membuka mulut untuk mengambil oksigen di udara dan melakukan pernafasan langsung ke perut. Seperti yang mungkin Ladies ketahui, pernafasan perut akan membuat seseorang mendapat udara lebih banyak.

Jadi, inilah penyebab mengapa orang yang sedang sesak nafas akan membuka mulutnya dan berusaha menghirup oksigen lewat mulut.

Oleh: Anindita Yurizqi

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading