Sukses

Beauty

6 Gejala Sesak Nafas - Bagian 6

Satu lagi nih Ladies, tanda atau gejala sesak nafas yang muncul saat Ladies merasa kesulitan bernafas atau sulit mengalami kekurangan asupan oksigen di saluran pernafasan dan di tubuh.

Gejala ini berhubungan dengan satu istilah medis, yaitu cyanosis. Apakah cyanosis itu dan seperti apa ‘kenampakannya’ saat seseorang mengalami sesak nafas?

Cyanosis, seperti yang dijabarkan dalam laman copd.about.com, adalah suatu kondisi dimana beberapa bagian tubuh membiru karena kondisi tertentu yang merupakan gangguan pada tubuh. Dalam kasus gangguan pernafasan seperti sesak nafas atau kesulitan bernafas, cyanosis ditunjukkan oleh bibir dan jari-jari tangan (dan terkadang kaki) yang pucat dan membiru atau bluish.

Bibir dan jari-jari tangan yang membiru ini disebabkan oleh kurangnya oksigen yang masuk dalam darah, sehingga darah yang mengalir di tubuh tertahan selama seseorang mengalami sesak nafas hingga ia bisa kembali menghirup oksigen dan mendapatkan hemoglobin di dalam darah.

Selain itu, cyanosis juga ditunjukkan dengan permukaan kulit pada tangan, kaki, dan pipi penderita sesak nafas yang terasa dingin. Karena aliran oksigen yang terhambat dan sistem pernafasan yang ‘menderita’ karena gangguan sesak nafas, darah bereaksi dan tertahan sehingga tidak ada yang bisa membuat semburat merah di kulit dan ‘memanaskan’ suhu tubuh penderita.

Cyanosis biasanya sangat jelas terlihat saat seseorang tenggelam di air. Saat Ladies berada dalam kondisi tenggelam, Ladies pasti akan sangat panik karena tidak bisa bernafas dengan semestinya di dalam air.

Nah, saat itu, ditambah dengan faktor air, aliran darah akan sedikit terhambat. Tapi saat Ladies lepas dari tenggelam dan sudah bisa bernafas dengan normal, ladies akan melihat jari-jari tangan Ladies pucat dan membiru.

Oleh: Anindita Yurizqi

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading