Sukses

Beauty

Obat Penyakit Asma : Salbutamol

Ladies, obat penyakit asma berikut ini mungkin menjadi salah satu yang pernah Anda konsumsi ketika terjadi serangan asma, hanya saja beberapa orang mungkin tidak terlalu mengetahuinya. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang obat salbutamol, simak pembahasan berikut ini ya.

Dikutip dari www.medindia.net, obat asma bernama salbutamol ini merupakan bronkodilator yaitu senyawa kimia yang bekerja memperlebar atau memperluas permukaan bronkus dan bronkiolus pada paru-paru dan membuat kapasitas serapan oksigen pada paru-paru meningkat.

Obat anti-asma ini biasa diresepkan juga untuk orang yang memiliki penyakit paru obstruktif kronik (PPOK). Obat ini bekerja dengan cara melemaskan otot dan membuka saluran udara ke paru-paru untuk membuat bernapas lebih mudah. Penggunaan obat ini juga perlu diperhatikan dan dihindari untuk mereka yang memiliki penyakit tekanan darah tinggi, wanita hamil, infeksi pada rahim, keguguran, penyakit jantung, dan hipersensitivitas atau mudah alergi.

Untuk mengonsumsi obat jenis ini, Ladies bisa memilih obat tablet yang diminum pada saat perut kosong. Pilihan lain, obat ini juga bisa disuntikkan ke dalam pembuluh darah atau otot besar. Tentu aja hal ini harus dilakukan oleh dokter. Untuk dibawa keman-mana, obat ini juga ada yang dijual dalam bentuk inhaler untuk menghirup melalui mulut.

Efek samping mungkin muncul seperti rasa kantuk, pusing, mual atau muntah. Hindari dosis yang berlebihan dan jika perlu selalu pastikan Anda mengonsumsi obat ini dibawah pengawasan dokter atau atas resep dokter untuk menghindari terjadinya efek samping yang tidak baik.

Oleh : Anindya Febi

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading