Sukses

Beauty

Biopsi Pada Pasien Dengan Penyakit Kanker Hati

Ladies, penyakit kanker hati merupakan salah satu penyakit yang sangat membahayakan fungsi hati, terlebih mengingat fungsi hati yang vital dan tidak bisa dicadangkan atau digantikan.

Seseorang yang kehilangan fungsi hati tidak akan dapat bertahan hidup meskipun dialisis dalam jangka pendek dapat membantu pasien. Karena penyakit kanker hati jarang menunjukkan gejala yang signifikan, biasanya seseorang baru ketahuan memiliki kanker hati justru setelah penyakit tersebut memasuki stadium lanjut.

Salah satu cara untuk mendiagnosis kanker hati adalah melalui biopsi. Dalam tes ini, dokter mengambil sampel jaringan yang dicurigai sebagai kanker. Dan ini adalah satu-satunya cara untuk mengetahui secara pasti adanya kanker hati adalah dengan memeriksa jaringan tersebut di bawah mikroskop.

Menurut lansiran dari situs cancer.org, salah satu kekhawatiran para dokter dalam melakukan biopsi kanker hati adalah adanya kemungkinan sel kanker menyebar ke organ tubuh lainnya. Dokter khawatir jika menusukkan jarum ke dalam tumor tanpa menghilangkan tumor dapat menyebarkan sel tumor ke organ lainnya.

Hal ini bisa menjadi masalah jika si pasien ternyata memang disiapkan untuk menerima transplantasi hati karena penyebaran sel kanker membuat pasien tidak bisa menerima transplantasi.

Oleh: Teylita

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading