Sukses

Beauty

Awas! Mengatasi Sesak Nafas Bukan Perkara Sederhana! (Bagian 2)

Ladies, setelah mengistirahatkan korban, cara mengatasi sesak nafas lainnya tentu masih ada. Setelah didiagnosa memerlukan tindakan lebih lanjut, beberpa langkah lanjutan dapat mulai diberikan. Penasaran? Berikut ulasannya.

Menurut laman about.com, langkah kedua yang dapat diambil adalah membiarkan korban memilih posisi paling nyaman baginya untuk beristirahat. Posisi tersebut bisa berdiri, duduk, atau bahkan berbaring bila itu nyaman bagi korban.

Ada banyak mitos menerangkan bahwa beberapa posisi tubuh dapat menambah atau memaksimalkan ruang dalam paru-paru untuk diisi udara. Beberapa pelatih olahraga menginstruksikan pemainnya untuk menahan tangannya di atas kepala.

Mengapa? Posisi ini diyakini dapat memberi ruang lebih besar bagi paru-paru untuk mengembang maskimal saat menghirup udara. Namun, tenaga medis meiliki pendapat lain. Mereka merekomendasikan posisi tripod sebagai yang paling tepat.

Posisi tripod dianggap sangat efektif bagi korban yang sedang mengalami sesak nafas. Korban duduk di tepian kursi atau ranjang dengan kaki menjutai kebawah dan menyentuh lantai atau tanah. Kemudian badan agak sedikit condong ke depan.

Sedangkan tangan, dapat memosisikan kedua siku berada pada kedua lutut kaki. Posisi ini bisa saja menjadi yang paling nyaman bagi sebagian orang. Namun, beberapa yang lain bisa saja memiliki posisi favoritnya sendiri. Jadi biarkanlah memilih.

Kemudian, Ladies, ulasan langkah mengatasi sesak nafas belum berakhir di sini. Simak tersu selengkapnya pada artikel berikutnya.

Oleh : A. Gusti Efendy

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading