Sukses

Beauty

Faktor Predisposisi Timbulnya Penyakit Asma Brongkial

Ladies, penyakit asma brongkial merupakan salah satu penyakit paru yang berkaitan erat dengan saluran nafas serta pernafasan. Oleh sebab itu bila penyakit asma brongkial ini kambuh akan menimbulkan gejala yang khas sekali yaitu bunyi nafas mengi, bengek, batuk dan juga sesak nafas. Bunyi mengi pada asma brongkial terdengar ketika seorang penderita menghembuskan nafasnya.

Perlu Anda ketahui bahwa ada beberapa hal yang merupakan faktor timbulnya serangan asma bronkhial yaitu faktor predisposisi (Genetik). Seperti dilansir pada situs mayoclinic.com, faktor predisposisi merupakan faktor dimana yang diturunkan adalah bakat alerginya, meskipun belum diketahui bagaimana cara penurunannya yang jelas.

Penderita dengan penyakit alergi biasanya mempunyai keluarga dekat juga menderita penyakit alergi. Karena adanya bakat alergi ini, penderita sangat mudah terkena penyakit asma bronkhial jika terpapar dengan foktor pencetus. Selain itu hipersentifisitas saluran pernafasannya juga bisa diturunkan.

Tidak hanya itu, dijelaskan pada situs nursingceu.com, tingginya angka kekambuhan pada penderita asma brongkial sering memberikan dampak pada psikologis dan biologis pasien. Tingkat emosi yang labil dan adanya kecenderungan untuk menolak saran-saran dalam upaya mengeliminasi perilaku yang mendukung kesehatannya, merupakan salah satu respon psikologis pasien asma. Tidak hanya itu, pada serangan asma pasien mengalami 2 keterbatasan fungsi dalam memenuhi segala kebutuhan dasarnya.

Dengan demikian perlu kiranya difikirkan tentang pola asuhan keperawatan yang mampu memenuhi keterbatasan fungsi tersebut tanpa menambah beban emosional klien akibat tindakan perawat baik selama serangan, maupun setelah serangan sehingga klien terhindar dari kekambuhan dan dapat berfungsi secara optimal.

Oleh : Ismaya Indri Astuti

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading