Sukses

Beauty

Terapi Inhalasi untuk Penderita Asma Brongkial

Ladies, asma brongkial merupakan gangguan fungsi aliran udara paru yang ditandai oleh kepekaan saluran nafas terhadap berbagai rangsangan dengan karakteristik bronkospasme, hiper-sekresimukosa dan infeksi saluran pernafasan.

Asma brongkial dapat timbul pada berbagai usia, mulai anak-anak hingga lanjut usia. Gejala asma brongkial bervariasi dari ringan sampai berat dan dapat dikontrol dengan berbagai cara.

Gejala asma brongkial dapat ditimbulkan oleh berbagai rangsangan antara lain infeksi, alergi, obat-obatan, polusi udara, bahan kimia, beban kerja atau latihan fisik, bau-bauan yang merangsang dan emosi.

Untuk menyembuhkan asma brongkial ternyata tidak hanya dengan obat-obatan saja lho, Ladies. Seperti dijelaskan pada situs healthcentral.com, asma brongkial bisa disembuhkan dengan terapi inhalasi. Terapi inhalasi adalah pemberian obat secara langsung ke dalam saluran napas melalui penghisapan.

Terapi pemberian ini, saat ini makin berkembang luas dan banyak dipakai pada pengobatan penyakit-penyakit saluran napas. Berbagai macam obat seperti antibiotik, mukolitik, anti inflamasi dan bronkodilator sering digunakan pada terapi inhalasi.

Terapi inhalasi memungkinkan penghantaran obat langsung ke paru-paru, dimana saja dan kapan saja akan memudahkan pasien mengatasi keluhan sesak napas. Untuk mencapai sasaran di paru-pari, partikel obat asma inhalasi harus berukuran sangat kecil yaitu sekitar 2-5 mikron.

Keuntungan terapi inhalasi ini adalah obat bekerja langsung pada saluran napas sehingga memberikan efek lebih cepat untuk mengatasi serangan asma karena setelah dihisap, obat akan langsung menuju paru-paru untuk melonggarkan saluran pernapasan yang menyempit.

Selain itu memerlukan dosis yang lebih rendah untuk mendapatkan efek yang sama, dan harga untuk setiap dosis lebih murah. Untuk efek samping obat minimal karena konsentrasi obat didalam rendah.

Oleh : Ismaya Indri Astuti

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading