Sukses

Beauty

Mendiagnosis Penyakit Penyebab Dada Sesak Nafas

Walaupun seringkali dada sesak nafas disebabkan oleh gangguan pada saluran pernafasan. Namun sebenarnya dada sesak nafas dapat diakibatkan oleh banyak hal. Penyakit yang menyerang sistem organ tubuh Anda seperti gagal jantung, gangguan pada ginjal dan hati, anemia, juga dapat menjadi salah satu penyebabnya.

Dilansir dari hopkinsmedicine.org, penyebab terjadinya sesak nafas sangat banyak sehingga sulit untuk menentukan apakah Anda sesak nafas karena penyakit ringan atau dikarenakan penyakit yang membahayakan. Oleh karena itu dokter perlu melakukan beberapa pemeriksaan untuk dapat mengetahui penyebab pasti dari dada sesak nafas yang Anda derita tersebut.

Pertama, pemeriksaan tubuh sangat diperlukan dalam menentukan penyakit penyebab dada sesak nafas. Pemeriksaan ini mencakup tinjauan akan sejarah kesehatan Anda dan gejala-gejala pada dada sesak nafas Anda. Selanjutnya dokter akan mengambil sampel darah Anda untuk mengetahui kadar gas dan oksigen dalam urat nadi Anda.

Dokter juga akan melakukan tes kebugaran tubuh Anda seperti tekanan darah, dan kecepatan detak jantung Anda. Tes ini bisa dilakukan ketika Anda telah melakukan sedikit olahraga dan ketika Anda sedang istirahat.

Selanjutnya penggunaan electrocardiogram juga akan dibutuhkan untuk mengetahui penyakit penyebab dada sesak nafas. Electrocardiogram akan mencatat aktivitas aliran listrik pada jantung Anda dan dapat menunjukkan apabila irama detak jantung Anda dianggap normal atau tidak.

Dokter juga mungkin menggunakan Echocardiogram. Alat ini menggunakan gelombang ultrasound untuk menangkap gambar bergerak dari jantung dan katup jantung. Pemeriksaan lebih lanjut dokter akan menggunakan X-ray pada dada. X-ray akan sangat membantu untuk memeriksa kondisi paru-paru Anda.

Oleh : Yuan Sabastian F

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading