Sukses

Beauty

10 Fakta Tentang Asma Oleh WHO

Penyakit asma adalah penyakit kronis pada sistem pernapasan yang umum diderita baik anak-anak maupun orang dewasa. Walau sering kali penyakit asma muncul sejak usia anak-anak, namun tidak dipungkiri juga kalau asma bisa menyerang di usia dewasa.

Kita mungkin sudah terbiasa dengan penyakit ini karena saking umumnya. Tapi tahukah anda tentang fakta-fakta yang berhubungan dengan penyakit asma? Seperti yang diuraikan di who.int, ada 10 fakta tentang asma yang dikumpulkan dari lingkup internasional.

WHO memperkirakan sebanyak 235 juta orang di dunia sekarang ini sedang menderita asma. Asma tidak bisa disembuhkan dan dapat meningkatkan kematian dalam 10 tahun mendatang jika tidak ditangani secara aktif dengan diagnosis dan perawatan yang layak. Asma juga menyerang Negara-negara berdasarkan tingkat perkembangan Negara tersebut.

Penyakit asma ini bervariasi penyebab dan gejalanya pada tiap individu. Gejala-gejala asma sering kali terjadi di malam hari dan ketidaktahuan akan gejala-gejala ini dapat memperburuk kondisi asma yang bahkan akan mengarah pada kematian. Kematian karena asma dapat diminimalisir dengan penggunaan inhaler dan pengobatan yang sesuai.

Asma adalah penyakit kronis yang kebanyakan diderita anak-anak, tapi penyakit ini dapat dikontrol dengan pengobatan yang sesuai. Ada beberapa faktor yang memperburuk kondisi asma, diantaranya alergi, dan sering kali terjadi kesalahan diagnosa serta pengobatan dalam praktiknya. Pemicu asma bisa saja karena udara yang terlalu dingi, emosi yang berlebihan dan bahkan kegiatan atau aktivitas yang berlebihan.

Oleh: Indah Wahyuni

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading