Sukses

Beauty

Excercise-Induced Asthma

Apakah Anda pernah mengalami sesak nafas, lemas dan batuk-batuk paska berolahraga? Dan ditambah lagi, semua itu memiliki kemiripan dengan symtomp untuk asma Anda? Nah, hal-hal mengenai asma yang seperti ini disebut excercise-induce asthma.

Hal ini juga dikonfirmasi oleh medicalnewstoday.com, bahwa memang asthma ini sering terjadi pada orang-orang yang selepas berolahraga. Tapi ini bukan berarti baru terserang asma, lebih jelasnya asma kambuh ketika itu. Jadi, ada benih-benih asma yang sudah menyerang sebelumnya.

Hal ini seringkali terjadi karena penderita melakukan olahraga berat dan tdak sesuai dengan kondisi tubuhnya. Contoh olahraga yang dimaksud seperti lari jarak jauh, basket dan olahraga berat lainnya. Semua olahraga itu tentu sangat menguras tenaga dan keringat, serta tentu saja membutuhkan nafas yang panjang.

Kasus ini seringkali terjadi karena juga didukung oleh durasi penderita melakukan olahraga. Contoh umum yang kerap kali terjadi adalah ketika sedang berlari jarak jauh, hanya dalam 10 menit saja penderita sudah kehabisan nafas.

Lebih jauh lagi, ia akan mengalami symtomp-symtomp asma, seperti batuk-batuk, nafas berat dan bahkan sesak nafas. Karena hal ini mudah menyerang ada baiknya penderita harus benar-benar mengatur cara mereka berolahrahga.

Nah, bagi Anda atau pun keluarga yang menderita asma dan termasuk gila berolahraga, tidak ada salahnya untuk membuat jadwal pribadi pengontrolan asma. Karena tentu efeknya pun bisa Anda rasakan sendiri.

Oleh: Nurrohman Sidiq

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading