Pengaruh Obat Penyakit Asma Terhadap Tekanan Darah Tinggi

Jum'at, 19 Juli 2013 12:20

(c)shutterstock

Vemale.com - Kalau Anda pernah mendengar bahwa obat asma yang Anda konsumsi adalah alasan tekanan darah Anda meningkat, Anda pasti ingin mengetahui kebenarannya bukan?

Hingga saat ini menurut hasil penelitian yang telah dilakukan, belum ditemukan adanya hubungan antara tekanan darah tinggi dan penyakit asma. Dengan kata lain, bisa disimpulkan bahwa obat yang Anda konsumsi sama sekali tidak berpengaruh pada tekanan darah dalam tubuh Anda.

Menurut sebuah artikel pada sophisticatededge.com menyatakan bahwa sebuah penelitian yang memasukkan variabel seperti status ekonomi, kegiatan fisik yang dilakukan serta massa index tubuh tidak bisa menemukan pembuktian bahwa penyakit asma mempengaruhi tinggi rendahnya tekanan darah pada seseorang.

Hal ini secara jelas dipaparkan bahwa tekanan darah tinggi pada seseorang dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti gangguan tidur, gangguan ginjal serta penyakit gondok yang sama sekali tidak bisa dihubungkan dengan penyakit asma. Jadi sederhananya, penyakit asma tidak dapat memicu naiknya tekanan darah seseorang.

Yang mengejutkan adalah bukan obat penyakit asma yang mempengaruhi tekanan darah seseorang, tetapi pengobatan yang dilakukan untuk menurunkan tekanan darah tinggi malah disinyalir sebagai pemicu kambuhnya penyakit asma pada seseorang.

Jika Anda penderita penyakit asma dan sedang mengalami peningkatan tekanan darah, Anda sebaiknya mengkonsultasikan obat untuk tekanan darah tinggi yang akan Anda konsumsi. Karena bisa saja obat itu akan memperburuk keadaan asma Anda.

Oleh: Marintan Widi Lestari

(vem/sfg)






ARTIKEL TERKAIT - ASMA
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 

© 2003-2014 Vemale.com. Hak cipta dilindungi undang-undang.