Sukses

Parenting

Bolehkah Ibu dengan Penyakit Asma Menyusui?

Penyakit asma sudah lama diketahui masuk dalam daftar salah satu penyakit keturunan. Oleh karena itu, orang tua dengan riwayat penyakit asma dipercaya pasti akan mengidap penyakit asma juga. Namun, apakah penyakit asma itu diturunkan akibat air susu ibu yang diminum anak?

Setiap anak yang terlahir dengan orang tua yang mempunyai riwayat penyakit asma mempunyai kemungkinan 90% menderita penyakit asma, namun apakah meminum air susu ibu dengaan penyakit asma akan memperburuk resiko baginya?

Menurut webmd.com, setiap ibu yang mengidap penyakit asma tidak perlu mengkhawatirkan keadaan seperti itu. Menurut penelitian kepada 12 anak yang ibunya menderita asma ditemukan bahwa mendapatkan ASI malah memperbaiki perkembangan paru – paru mereka.

Mengapa bisa begitu? Seperti yang banyak diketahui bahwa ASI mengandung sederetan zat nutrisi yang dibutuhkan bayi dalam masa perkembangannya. Mengkonsumsi ASI bagi bayi adalah suatu keharusan, bahkan jika ibu mereka menderita penyakit menurun seperti asma.

Penelitian lebih dalam dilakukan kepada lebih dari 1500 bayi yang disusui. Pemberian ASI setidaknya dilakukan hingga bayi berusia 6 bulan, namun dalam penelitian itu ditemukan bahwa bayi yang disusui setidaknya 4 bulan menunjukkan perkembangan yang lebih baik dari mereka yang tidak disusui.

Nah, untuk Bunda dengan penyakit asma, tidak usah khawatir lagi ya. Si kecil masih dapat terpenuhi gizi dan nutrisi yang dia perlukan dari ASI Bunda.

Oleh: Marintan Widi Lestari

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading