Sukses

Parenting

Memastikan Kehamilan Sendiri di Rumah

Seperti yang telah dilaporkan oleh www.womenshealth.gov, banyak wanita memilih untuk menggunakan home pregnancy test (HPT) atau alat tes yang dapat digunakan sendiri di rumah. Pada umumnya, HPT dapat dibeli dengan mudah di apotek dengan harga yang relatif murah dan mudah untuk digunakan sendiri. Biasanya, HPT cukup akurat jika alat tersebut digunakan sesuai dengan petunjuk yang diberikan oleh produk.

Meski cukup akurat, terdapat beberapa hal yang dapat mengurangi keakuratan hasil tes dengan menggunakan HPT. Penyebab pertama yang dapat mempengaruhi keakuratan HPT adalah kapan Anda menggunakannya. Mengingat bahhwa human chorionic gonadotropin (HCG, hormon yang hanya dapat ditemukan pada wanita hamil) akan terus bertambah sering dengan bertambahnya usia kehamilan, akan lebih bijaksana jika Anda menggunakan HPT paling tidak seminggu setelah jadwal menstruasi Anda. Kemungkinan yang terjadi jika Anda menggunakan HPT pada hari kesua atau ketiga setelah jadwal menstruasi Anda adalah HPT akan menunjukkan hasil negative. Oleh karena itu, lebih baik Anda melakukan tes kehamilan lagi seminggu kemudian.

Hal kedua yang mempengaruhi keakuratan HPT adalah bagaimana Anda menggunakan HPT. Untuk mengetahui hasil tes, biasanya Anda harus menunggu beberapa saat sebelum HTP yang Anda gunakan menunjukkan hasil. Berdasarkan penelitian, waktu menunggu yang paling pas untuk memastikan hasil yang akurat adalah 10 menit.  Yang ketiga adalah merk HTP yang Anda gunakan. Semakin baik kualitas HTP yang Anda pilih, kemungkinan besar, semakin akurat pula hasil tes yang akan Anda dapatkan.

Penulis: Ratih Kristianasari

(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading