Sukses

Beauty

Kurang Vitamin D Akan Perburuk Asma Anda!

Vitamin D adalah salah satu vitamin terpenting bagi tubuh manusia. Selain untuk pertumbuhan tulang, vitamin ini juga sangat penting untuk kekebalan tubuh nih Ladies. Namun jangan salah, vitamin D juga bermanfaat untuk mencegah asma lho.

Asma merupakan penyakit jangka lama yang disebabkan oleh saluran pernapasan yang menyempit karena peradangan dan pembengkakan di tenggorokan dikarenakan oleh alergi. Hal tersebut kemudian menyebabkan si penderita asma akan mengalami kesulitan bernapas dan rasa sakit di area dada.

Saat ini banyak penderita asma yang mengkonsumsi steroid untuk mengurangi gejala asma. Akan tetapi, konsumsi steroid memiliki efek samping yang bisa membahayakan.

Berdasarkan lansiran oleh medicalnewstoday.com, penggunaan vitamin D dapat dengan efektif mengurangi munculnya gejala asma. Karena vitamin D dapat mengurangi produksi zat interleukin-17A yang bertanggungjawab atas penyakit asma Anda.

Zat Interleukin-17A (IL-17A) ini merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh manusia yang berguna untuk melindungi tubuh dari bahaya infeksi. Namun, kadar IL-17A yang terlalu tinggi dapat menyebabkan kambuhnya asma Anda.

Nah, disinilah vitamin D bekerja.  Vitamin D bekerja dengan merubah sistem kekebalan tubuh atau respon steroid yang mempengaruhi pernapasan. Dengan begitu, produksi zat IL-17A akan dihambat oleh vitamin D sehingga kemungkinan asma Anda untuk kambuh juga akan berkurang.

Anda yang mengidap penyakit asma sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi suplemen penambah vitamin D agar kesehatan Anda dapat terjaga. Jangan lupa pula untuk rutin memeriksakan kondisi kesehatan Anda ke dokter.

Oleh Sony Anshar

(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading