Sukses

Beauty

Apa yang Harus Dilakukan Saat Terjadi Serangan Asma?

Halo Ladies, apakah anda memiliki penyakit asma yang sering menyiksa keseharian anda? Atau ada orang terdekat anda yang sering menderita karena serangan asma yang dideritanya? Lalu, bagaimana anda bertindak jika serangan asma itu terjadi?

Di Indonesia, pengetahuan akan bagaimana menanggapi seseorang yang sedang terkena serangan asma sangat minim. Banyak orang hanya diam terpaku karena bingung tidak tahu apa yang harus dilakukan terlebih dahulu. Seperti dilansir pada situs asthma.org.uk, berikut adalah hal-hal yang seharusnya anda lakukan untuk menangani kasus serangan asma:

  • Hiruplah inhaler asma anda satu atau dua kali sesegera mungkin ketika serangan terjadi (inhaler yang digunakan biasanya yang berwarna biru)
  • Duduklah dengan tegak dengan posisi punggung lurus serta usahakan untuk mengambil nafas dengan stabil dan perlahan-lahan
  • Jika setelah melakukan dua poin di atas anda masih juga belum merasakan serangan asma anda membaik, ulangi lagi menghirup inhaler asma anda yang berwarna biru sebanyak dua kali dan ulangi tiap dua menit. Namun, jangan lakukan lebih dari 10 kali
  • Namun, jika anda masih juga merasakan sesak di dada dan sulit untuk bernafas karena serangan asma yang tidak membaik, segeralah minta bantuan untuk menelefon ambulans dan menuju ke Unit Gawat Darurat
  • Jika kedatangan ambulans masih memakan waktu agak lama untuk sampai di tempat anda, ulangilah langkah ketiga di atas setelah 15 menit sambil menungu ambulans datang.
  • Meskipun setelah berulang kali anda menghisap inhaler gejala asma anda membaik dan tidak perlu memanggil ambulans, anda tetap perlu untuk berkonsultasi dengan dokter anda segera untuk memeriksakan kondisi asma anda.

Oleh: Yudha Yanuar A.

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading