Sukses

Parenting

Anak-anak Berisiko Tinggi Kena Asma

Asma memang menjadi penyakit kronis yang sering ada pada anak-anak. Hati-hati ya Ibu, anak-anak kita bisa jadi sedang dalam bahaya dan dalam ancaman. Apalagi ternyata hal ini banyak terjadi pada anak-anak yang memiliki berat badan rendah alias kurus.

Menurut catatan medicalnewstoday.com, anak-anak yang tinggal di daerah banyak asap dan kondisi lingkungan kurang mendukung seringkali menjadi pemicu asma. Biasanya sejak awal usianya sudah bisa terjangkit dan berisiko tinggi menderita asma. Biasanya justru terjadi pada anak-anak dengan pendapatan orang tua rendah.

Anak-anak berusia 5 tahunan, sudah terlihat tanda-tanda bahwa ia juga sedang menderita asma. Mereka sudah mulai batuk-batuk, dada sakit dan sesak. Pada masa-masa seperti ini, berarti memang sudah ada infeksi pada sistem pernafasannya.

Mereka bisa saja sangat mudah alergi dengan apa yang ada di sekitarnya. Terutama yang harus hati-hati adalah anak laki-laki dibanding anak perempuan. Hah, kok bisa begitu?

Penasaran kan? Para peneliti memprediksikan hal ini karena ternyata sistem pernafasan anak laki-laki lebih kecil dibanding anak perempuan. Oleh karenanya, mereka jauh berisiko mendapatkan asma. Tapi, hal itu justru berubah ketika memasuki masa kedewasaan.

Nah, sekarang mengerti kan. Sebagai orang tua yang bijak, ada baiknya memeriksakan kondisi anak-anak ke dokter terpercaya. Karena kita juga tidak pernah tahu risiko yang sebenarnya mengancam kepada mereka.

Oleh: Nurrohman Sidiq

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading