Sukses

Beauty

Mengatasi dan Mencegah Asma di Rumah

Rumah dapat menjadi salah satu tempat dimana asma Anda akan mudah kambuh. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan penderita asma di rumah untuk mengatasi kambuhnya penyakit tersebut.

Kebersihan Rumah

Hal paling dasar, rumah Anda harus senantiasa terpelihara kebersihannya. Hindari penggunaan karpet tebal yang susah dibersihkan, karena itu merupakan tempat berkumpulnya debu. Sofa dan tempat tidur adalah salah satu tempat berkembang biak tungau, jadi waspadalah! Secara rutin, buanglah sampah-sampah, terutama di dapur. Sampah yang menumpuk akan mengundang hewan-hewan, terutama kecoak yang bisa menjadi pemicu asma Anda.

Makanan Sehat

Makanlah makanan yang seimbang gizinya dan jangan lupa untuk minum dengan takaran yang cukup dalam sehari. Hindari makanan tertentu apabila Anda memiliki alergi yang dapat memicu timbulnya asma. Asupan gizi berimbang akan menjaga anda tetap sehat dan bugar sekaligus meminimalisir kambuhnya asma.

Olahraga yang Cukup

Dalam asthma.com, Anda disarankan berolahraga ringan setiap hari dengan durasi minimal 30 menit. Apabila Anda tidak yakin olahraga apa yang dapat Anda lakukan dirumah, jangan ragu untuk menanyakannya pada dokter. Pilihlah olahraga yang Anda sukai untuk meghindari kebosanan. Berolahraga dengan ditemani orang lain juga membantu Anda untuk lebih semangat berolahraga.

Mengkonsumsi Obat Secara Rutin

Apabila Anda penderita asma kronis yang membutuhkan obat rutin, jagalah rutinitas tersebut. Bila dokter tealh menuliskan aturan minum, jangan sampai terlewati meskipun asma tidak kambuh.

Oleh: Zurriat Nyndia

(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading