Sukses

Parenting

Kenali Penyakit Asma pada Anak

Asma merupakan salah satu penyakit yang sudah sering terdengar di telinga kita. Bagaimana tidak, asma sudah disebut sebagai penyakit umum yang sering diderita oleh banyak orang. Bahkan, di Amerika Serikat lebih dari 23 juta orang mengidap penyakit asma dan satu seperempat dari jumlah tersebut, asma diderita oleh anak yang berusia di bawah 18 tahun.

  

Penyakit asma sebenarnya bisa muncul kapan saja. Namun, antara 80% hingga 90%, gejala-gejala asma dapat muncul pada anak yang berusia 4 hingga 5 tahun. Bahkan, beberapa anak juga rawan mengidap asma jika mereka memiliki sisilah keluarga yang memiliki penyakit ini. Lalu bagaimana kita bisa mengenali penyakit asma pada anak sedari dini?

    

Berdasarkan penejelasan www.healthychildren.org, penyakit asma dapat dikenali sedari dini. Adapun gejala-gejala yang mungkin muncul sedari dini, antara lain:

1.    Nafas berbunyi “ngik-ngik”

2.    Batuk secara teratur, terutama ketika malam hari atau batuk dengan tenaga keras

3.    Sesak di dada

4.    Nafas pendek tersengal-sengal

Gejala-gejala tersebut tidak selalu muncul setiap saat namun dapat pula muncul secara tiba-tiba ketika anak sedang bermain, tertawa, menangis, atau mungkin saat mereka sedang tidur. Anda juga perlu memperhatikan ketika anak batuk ketika berada di sekitar perokok atau ketika bertemu dengan kucing.

Intinya, anda perlu melihat beberapa hal yang mungkin terjadi pada anak anda. Ketika anda berada di dokter, informasikan hal-hal kecil yang terjadi pada anak karena hal tersebut akan membantu dokter untuk lebih dalam mendiagnosis anak.

Oleh: Ninuk Retna Sumiarsih

(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading