Sukses

Parenting

Kenali Asal Muasal Penyakit Asma

Biasa dikenal dengan nama sebutan lain dari sesak nafas, asma ternyata berasal dari kata 'asthma' yang berarti sulit bernafas. Anda tentu sudah familiar dengan nama penyakit ini. Asma biasanya terjadi pada anak-anak, namun tidak jarang juga orang dewasa terkena penyakit ini.

Dengan gejala seperti batuk, sesak nafas hingga suara mengi atau yang lebih sering dikenal dengan 'bengek' ini tentu sungguh menyiksa. Tahukah Anda apakah penyebab asma itu? Asma disebabkan oleh adanya penyempitan saluran pernafasan. Biasanya, ini terjadi karena aktifitas berlebih yang menghasilkan suatu rangsangan tertentu dan akibatnya pembulu darah akan meradang dan menyempit. Tentu, karena hal ini, udara yang seharusnya mengalirkan oksigen ke paru-paru dan rongga dada menjadi terhambat.

Menurut sebuah data dan sumber dari Asosiasi Paru-paru di Amerika, satu dari tiga penderita asma adalah mereka yang berusia di bawah 18 tahun. Biasanya, penyebab utama dari penyakit ini adalah alergi, mulai dari debu hingga serbuk bunga.

Bahkan sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika dan Eropa yang terangkum dalam buku 'American Journal of Respiratory and Critical Care Medicine' mengungkapkan bila salah satu orang tua mengidap asma, besar kemungkinan anak juga akan beresiko terkena asma 3x lipat.

Penderita asma memang mempunyai saluran pernafasan yang super sensitif dibandingkan mereka yang tidak. Oleh karenanya, dibutuhkan perawatan khusus untuk Anda yang memiliki asma. Memang, belum ada obat yang bisa menghilangkan asma secara keseluruhan, namun ada juga beberapa obat yang disarankan untuk dikonsumsi jika Anda memiliki asma. Biasanya, penderita asma akan identik dengan inhaler.

Walaupun dikenal sebagai penyakit kronis layaknya diabetes dan darah tinggi, asma bisa dicegah dengan mengatur pola gaya hidup yang seimbang dan sehat. Mulai dari pola makan, olahraga, kebiasaan hingga pantauan diri terhadap perubahan cuaca harus Anda perhatikan. Anda juga harus membiasakan diri untuk hidup bersih supaya terhindari dari rentannya terkena alergi. Jikalau asma Anda dapatkan karena keturunan, tentu Anda harus 'pandai' untuk mencegahnya kambuh.

So, Ladies, ketika sekarang sudah mengetahui asma dan penyebabnya, mulai perhatikan kesehatan Anda ya?

(vem/dyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading