Sukses

Lifestyle

5 Cara Alami Bersihkan Wastafel yang Berkarat di Dapur

Sering meninggalkan panci besi, peralatan logam, atau sendok garpu di wastafel dalam jangka waktu yang cukup lama dapat memicu munculnya karat. Walau sudah menggunakan bahan stainless steel terbaik, namun logam yang bereaksi dengan air akan menyebabkan korosi dan perubahan warna pada permukaan wastafel.

Tapi bukan berarti Ladies harus cepat-cepat mengganti dengan wastafel baru, ada 5 cara alami untuk membersihkan wastafel dapur yang berkarat.

Baking Soda

Pertama, bersihkan wastafel dapur dari peralatan memasak atau makan dekat saluran air, lalu bilas dengan air hingga bersih. Taburi seluruh permukaan wastafel dengan baking soda dan gunakan spons lembut untuk membersihkannya dengan gerakan memutar. Bukan hanya dimanfaatkan sebagai salah satu bahan pembuat cake atau kue, baking soda ini cukup ampuh membersihkan noda atau kotoran tanpa menggores wastafel berbahan stainless steel.

Cuka

Selain baking soda, Ladies juga bisa menggunakan cuka. Setelah membersihkan wastafel dengan singkat, bilas menggunakan cuka yang akan menimbulkan gelembung dan suara sedikit mendesis. Gosok sedikit dengan spons lalu bilas kembali menggunakan air. Cuka secara alami dapat membasmi kuman serta membantu menghilangkan noda air dari wastafel stainless steel di dapurmu.

Kulit Jeruk

Selain dapat menghilangkan bau tak sedap, kulit jeruk juga dapat membantu memberi kilauan pada wastafel, sehingga tampak seperti baru. Caranya mudah kok, Ladies. Gosokkan bagian kulitnya ke wastafel stainless steel untuk menghilangkan noda minyak dan kotoran membandel, serta mencegah noda karat.

Jeruk Lemon dan Baking Soda

Kedua bahan alami ini dipercaya dapat membersihkan wastafel berbahan stainless steel tanpa membuatnya tergores atau mengalami korosi. Cara membuatnya pun cukup mudah. Campurkan sari jeruk lemon dan baking soda hingga membentuk adonan kental, lalu gosokkan dengan bantuan spons basah. Untuk noda yang membandel, oleskan pada permukaan wastafel dan biarkan 15-30 menit, lalu bilas dengan air.

Jeruk Lemon dan Cream of Tartar

Campur satu sendok makan cream of tartar dengan beberapa tetes sari jeruk lemon untuk membuat pasta. Oleskan pada bintik karat yang muncul pada permukaan wastafel stainless steel dan gunakan spons yang lembut untuk menggosoknya dengan kuat.

Menggunakan bahan-bahan alami untuk membersihkan karat dari wastafel dapur tidak hanya aman untuk mempersiapkan makanan, tapi juga terhindar dari risiko goresan atau merusak saluran pipa air. Supaya sistem saluran air bisa bekerja maksimal tanpa mengalami sumbatan atau kebocoran, pastikan pilih jenis yang tepat seperti pipa PVC Rucika Standard yang memang khusus digunakan untuk saluran air bersih dan buangan di rumah. Pipa yang satu ini memiliki banyak sekali kelebihan dibanding material polimer lainnya, mulai dari tahan terhadap korosi, kuat, ringan, serta mudah dalam penyambungan dan pemeliharaan.

Jangan lupa gunakan juga lem khusus PVC RUGlue yang terbuat dari material kuat, anti bocor dan tahan terhadap pembuangan bahan alami. Berikan yang terbaik dari RUCIKA untuk dapur yang jadi bagian favorit dalam rumahmu, Ladies. Info lebih lengkap klik di sini.

(adv/eth/wri)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading