Sukses

Lifestyle

Tips Cara Membuat Kaldu Ayam Sedap Tanpa MSG di Rumah

Jika ingin membuat masakan enak dengan kaldu ayam yang nendang, sebenarnya kamu bisa membuatnya sendiri dengan daging ayam asli. Bukan hanya membuat makanan enak secara alami, kaldu ayam asli juga lebih sehat karena mengandung zat besi, kolagen, dan tinggi vitamin, dibandingkan kamu menggunakan kaldu ayam blok yang tinggi MSG.

Apa yang kamu butuhkan untuk bisa membuat kaldu ayam yang enak di rumah? Ada dua bahan yang bisa digunakan, dengan tulang-tulang ayam dan dengan daging ayam. Simak cara membuatnya.

Bahan-bahan:

  • 500 gr tulang-tulang/tetelan dan kulit ayam (bisa diganti daging ayam)
  • 3 batang seledri
  • 1 buah bawang bombay besar, potong jadi 4 bagian
  • 2 siung bawang putih, memarkan
  • 2 buah wortel, potong-potong
  • garam secukupnya
  • 1/2 sdt merica
  • 1,5 liter air

Cara membuat kaldu ayam/copyright simplyrecipes.comCara membuat:

  1. Rebus air, masukkan tetelan dan kulit ayam/daging ayam ke dalam panci, masukkan semua bahan sayur. Tambahkan garam dan merica. 
  2. Rebus hingga sayuran matang atau kurang lebih 30 menit.
  3. Biarkan hingga hangat kuku. Saring air kaldu dari ampasnya. Dan kaldu ayam siap diolah jadi berbagai masakan.

Saring kaldu ayam dan gunakan untuk berbagai masakan. Rebus lagi jika ingin menyimpannya dalam freezer/copyright simplyrecipes.comJika kamu menggunakan daging ayam pastikan memotongnya agak kecil-kecil, dan gunakan bagian ayam yang punya banyak lemak dan kulit seperti sayap dan bokong.

Kaldu ayam ini juga bisa disimpan di freezer dan tahan lebih dari 5 bulan, saat kamu membutuhkannya, cukup cairkan dan bisa digunakan untuk membuat sup atau masakan lain yang membutuhkan kaldu ayam.

Jika ingin menyimpannya dalam frezer dan tahan lama, rebus lagi kaldu ayam hingga mendidih dan biarkan hingga benar-benar dingin, lalu tuang di beberapa plastik dan ikat. Setiap kali kamu ingin memakainya, cukup keluarkan per plastik atau seperlunya.

Nah, sekarang kamu nggak perlu bergantung lagi dengan kaldu ayam sachet yang tinggi MSG kan?

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading