Sukses

Fashion

[Vemale's Review] Novel ''Il Tiramisu'' Karya Dy Lunaly

Judul: Il Tiramisu
Penulis: Dy Lunaly
Penyunting: Dila Maretihaqsari
Perancang dan ilustrasi sampul: Nocturvis
Ilustrasi isi: Dy Lunaly
Penerbit: Bentang Pustaka
ISBN: 978-602-291-174-6
Cetakan Pertama, April 2016

Gytha terpaksa menerima tawaran kerja sebagai host chef di salah satu acara televisi. Ia memenuhi utang budi kepada teman lama meski sebenarnya tidak yakin bisa melakukannya. Ditambah lagi Gytha tidak sendiri. Executive Chef di Olive Garden itu akan menjadi host bersama Wisnu, seorang penyanyi yang sedang naik daun.

Meski rupawan dan mutlak digandrungi para wanita, pria itu memberi kesan pertama yang buruk kepada Gytha. Wisnu Kanigara, tidak lebih dari seorang selebritas yang angkuh dan menyebalkan. Lebih menyebalkan lagi karena mereka harus sering bersama dan terlihat akrab.

Sejak itu, kehidupan Gytha tidak lagi tenang. Ia menjadi incaran media gosip Tanah Air yang haus berita akan kedekatannya dengan Wisnu. Media terus berusaha mengorek apa pun tentangnya. sampai-sampai hal yang paling dirahasiakan Gytha, tentang masa lalu kelamnya, berhasil diungkap media. Gytha sungguh menyesali keputusannya mengambil pekerjaan ini. Ia menyesal mengenal Wisnu. Ia juga menyesal telah terjebak dalam rasa yang tak seharusnya ia simpan untuk pria itu.


"Everybody Can Be a Chef", sebuah acara masak di televisi inilah yang mempertemukan Gytha Syareefa Thaheer dan Wisnu Kanigara. Gytha menerima tawaran sebagai host acara masak tersebut atas dasar hutang budi kepada teman semasa sekolahnya dulu. Dan Wisnu yang menjadi co-host adalah seorang penyanyi terkenal. Sengaja Wisnu dipilih karena selain kariernya sedang naik daun, ia pun bisa mewakili sosok orang yang tak bisa memasak. Karena konsep dari acara "Everybody Can Be a Chef" ini sendiri adalah bahwa setiap orang bisa memasak makanan enak dan lezat layaknya seorang chef.

Di syuting pertama, semua berantakan. Gytha belum terbiasa tampil di depan kamera dan kurang luwes. Sementara Wisnu juga marah-marah karena merasa waktu berharganya terbuang percuma. Parahnya lagi, Wisnu mempertanyakan apakah Gytha benar-benar seorang chef. Hal itu jelas membuat Gytha tersinggung dan marah. Ia sampai melampiaskan amarahnya di Olive Garden, tempatnya bekerja sebagai executive chef. Anak buahnya sampai dibuat ciut dengan Gytha yang marah-marah. Syukurlah masih ada Arianne, sahabat sekaligus manajer restoran itu juga David yang memberi suntikan semangat pada Gytha untuk tak mudah menyerah.

Intensitas pertemuan Gytha dan Wisnu jadi makin meningkat (ya, karena mereka harus selalu tampil dan syuting berdua). Bahkan ada isu keduanya terlibat cinta lokasi. Manajer Wisnu, Chandra terus mengingatkan Wisnu agar tak tersandung skandal lagi.

Masa lalu memang tidak bisa mendefenisikan siapa kamu. Tapi, masa lalu itu nggak pernah bisa dibuang. Daripada kamu menghabiskan tenaga untuk membuangnya, kenapa tenaga itu nggak kamu pakai untuk menerimanya?


Gytha pun ikut kena imbas popularitas Wisnu. Kehidupan pribadinya terusik dan ia jadi sorotan publik. Banyak wartawan yang mengincarnya. Terlebih rahasia yang selama ini disembunyikan juga mulai terkoyak. Di sisi lain, Wisnu sendiri juga ternyata memiliki sudut rahasia yang selama ini coba terus ia pendam.

Foto: copyright Vemale/nda

Karakter Gytha dan Wisnu memiliki kekuatan dan kekhasannya sendiri. Saya sempat dibuat sebal dengan sosok Wisnu yang angkuh dan dingin pada awalnya. Namun, lama-lama jadi dibuat bersimpati sampai jatuh hati sendiri dengan sosok Wisnu dan semua rahasianya. Saya dibuat kagum dengan kegigihan Gytha dan kemampuan Gytha untuk tak menyerah begitu saja pada keadaan atau masalah yang ia hadapi. Meski harus merasakan sakit dan pilu, ia toh tetap bisa berpikir jernih dan dewasa.

Keberadaan Arianne dan David jelas sangat membantu Gyhtha untuk bisa mengatasi masalah-masalahnya. Juga ada Ernest, teman berbalas email yang berada di Italia. Mereka adalah sosok-sosok yang selalu membuat Gytha tak gampang menyerah. Menyenangkan sekali pastinya punya sahabat-sahabat seperti mereka.

Foto: copyright Vemale/nda

Yang menarik lagi dari novel Il Tiramisu ini adalah kita akan dikenalkan pada berbagai jenis masakan Italia. Juga ada tips-tips seputar kuliner yang bisa kita dapat setiap kali Gytha membawakan program acara memasak tersebut. Ilustrasi-ilustrasi yang ditampilkan juga makin mempermanis novel ini.

Tak hanya soal cinta, novel ini juga mengajak kita mengenal berbagai kuliner lezat. Tak cuma membahas soal sakit hati dan luka yang dirasa tapi juga cara untuk berdamai dengan itu semua. Juga pastinya soal kembali membuka hati yang baru.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading