Sukses

Fashion

Jelang Lebaran, Awas Terjebak Tipuan Diskon Besar-Besaran

Jika pergi ke mall, diskon besar-besaran semakin menggoda menjelang Lebaran. Tapi kamu juga perlu hati-hati dengan tawaran menggiurkan ini, karena beberapa diskon ternyata hanya tipuan.

Bukan sepenuhnya menipu sih, tapi bisa dikatakan bahwa tidak semua pedagang dan toko memberikan potongan harga atau diskon besar yang sesungguhnya, ada beberapa yang melakukan tipuan tersamarkan.

    Harga Barang Dinaikkan Dulu

    Tipuan semacam ini sebenarnya sudah banyak diketahui, namun masih banyak orang yang mengabaikannya. Umumnya, penjual tak begitu saja memotong harga barang, apalagi di momen besar seperti lebaran. Penjual tetap ingin mendapatkan untung besar namun juga mencari cara menarik pelanggan, dan cara inilah yang akhirnya ditempuh.

    Agar Tidak Tertipu: Kamu bisa melakukan pengamatan beberapa bulan sebelumnya dengan cara mengingat harga normal sebuah barang. Beberapa bulan kemudian, lihat saat barang itu di-diskon. Coba amati dan hitung berapa harga yang sebenarnya akan kamu bayar setelah di-diskon, apakah lebih murah atau justru lebih mahal dari harga normal.

    Barang Cacat atau Rusak

    Saat momen beli baju baru lebaran seperti ini, seringkali banyak stok barang dan banyak pilihan. Jika kamu tak jeli, kamu bisa jadi membeli barang yang cacat atau rusak, misalnya saja kancing yang hampir lepas, jahitan sobek, ada coretan dan lain sebagainya. 

    Agar Tidak Tertipu: Cermat dan teliti adalah kunci utama agar tidak mendapatkan barang cacat. Untuk pakaian, perhatikan kelengkapan: kancing, jahitan, permukaan (warna yang pudar atau coretan), ikat pinggang dan sebagainya. Untuk perlengkapan rumah tangga, misalnya toples atau peralatan makan, perhatikan apakah ada retak, pecah di ujung, atau goresan pada permukaannya.

    Stock Lama Dijual lagi

    Bisa juga disebut cuci gudang. Tapi umumnya jika penjual jujur bahwa mereka sedang cuci gudang, harga barang biasanya diturunkan. Tapi berbeda jika kasusnya adalah Stock Lama Dijual lagi, karena barang lama akan dijual dicampur dengan barang baru sehingga menggunakan harga baru, yang terkadang lebih mahal.

    Agar Tidak Tertipu: Jangan mudah tergoda dengan kata DISKON dan berkutat di kotak barang berlabel diskon. Jangan juga mengikuti tren, pastikan barang yang dibeli memiliki model dan gaya yang everlasting atau bisa dipakai dalam tren apa pun.

    Jual Makanan Kadaluwarsa

    Beberapa toko makanan terkadang memberi diskon hingga separuh harga (atau lebih) pada makanan atau minuman yang mendekati tanggal kedaluwarsa. Hati-hati dengan makanan berupa kue kering, camilan anak-anak, sirup, tepung dan bahan makanan yang banyak diburu jelang Lebaran.

    Agar Tidak Tertipu: Selalu cek tanggal kedaluwarsa lebih dahulu pada produk-produk makanan dan minuman. Jangan jadikan harga murah sebagai alasan untuk membahayakan kesehatan diri, keluarga, dan tamu yang akan berkunjung saat Idul Fitri ya.

Tipuan-tipuan kecil ini sering tidak disadari, terutama oleh para wanita. Jadi, jangan sampai maksud hati ingin dapat barang murah, tetapi akhirnya menyesal ya ladies.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading