Sukses

Fashion

Isi Dompet Mepet? Ini 6 Cara Hemat Di Bulan Puasa Ala Anak Kos

Siapa sih yang tahu kebiasaan dan kehidupan super sederhana dan super hemat ala anak kos? Jika kamu salah satu anak kos, kamu pasti mengerti bagaimana. Apalagi saat ini sedang masuk bulan Ramadan, kamu pasti tak tahan dengan godaan jajan di luar dan beli segala macam makanan untuk takjil, buka dan sahur kan?

Setiap lewat di pinggir jalan, pasti ada saja tukang jual makanan yang menggoda untuk dibeli. Tapi tentu kamu tak bisa membeli semuanya, karena isi dompet juga mepet, apalagi ketika tugas menumpuk dan banyak yang harus diprint atau difotokopi.

Semua butuh uang, tapi bagaimana caranya mengatur uang dengan cerdas agar kebutuhan makan tetap terpenuhi saat Ramadan? Ini caranya.

    Buat Takjil sendiri

    Buat takjil sendiri cukup gampang dilakukan jika kamu punya dapur di kos atau paling tidak punya heater. Salah satu caranya adalah beli teh celup satu kotak, isinya pasti sekitar 25 kantong dan harganya tak lebih dari 5 ribu, dan kamu sudah bisa membuat teh hangat sebagai takjil. Gulanya bawa saja dari rumah atau minta teman jika tak mau beli.

    Manfaatkan kulkas (jika ada)

    Jika rumah kos kebetulan menyediakan kulkas, maka manfaatkan semaksimal mungkin. Kamu bisa membuat es batu, beli buah-buahan dan membuat takjil es sendiri. Bahkan lebih cerdasnya, kamu bisa buka usaha dadakan dengan jualan takjil karena tak perlu beli es di luar dan tak takut buah-buahan cepat busuk. Nah, jadi punya penghasilan kan?

    Masak nasi sendiri

    Paling enak jika kamu bawa magic jar atau penanak nasi sendiri. Beras bisa bawa dari rumah dan kamu bisa menghemat uang untuk beli nasi. Tinggal beli lauknya saja. Kamu juga tak perlu ragu jika ingin nambah, karena nasi hangat selalu tersedia di kos.

    Masak sayur dan lauk sendiri

    Jika kamu bukan tipe pemalas dan bisa masak, maka belanja ke pasar akan lebih hemat. Masak sayur dan lauk sendiri. Cukup tumis kangkung dengan lauk tempe, tahu goreng atau telur ceplok, sahur dan buka puasa sudah serasa makanan surga kok.

    Persediaan mi instan

    Ini adalah andalan para anak kos, cukup sediakan mie instan dengan berbagai rasa di kos dan kamu bisa makan hemat dan nikmat.

    Keliling cari takjil (dan makan) gratis

    Dalam posisi dompet tipis banget, cara ini ampuh untuk anak kos. Coba keliling di sekitar jalan, biasanya banyak orang bagi-bagi takjil dan bahkan nasi kotak gratis untuk berbuka puasa. Kamu juga bisa mampir di masjid menjelang buka puasa, karena biasanya tersedia takjil.

Jadi, sudah siap-siap pakai cara yang nomor berapa? Yuk cerdas dan hemat menggunakan uang kamu anak kos. Atau punya cara unik tersendiri untuk menghemat uang? Semoga tips tadi bermanfaat.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading