Sukses

Fashion

EF Kini Sediakan Kursus Secara Online Untuk Kelas Bahasa Dewasa

Mencari pekerjaan di zaman modern seperti sekarang ini memang tidak lah mudah karena persaingan yang ketat, apalagi lowongan pekerjaan bukan saja datang dari sesama pekerja Indonesia, tapi juga dengan pekerja dari negara-negara lain terutama ASEAN. Menurut data yang dilansir dari Karir.com yang dirilis Maret 2016 terhadap sektor industri, 42% perusahaan di Jakarta umumnya mengharuskan calon pencari kerja memiliki kemampuan berbahasa Inggris.

Syarat kemampuan bahasa Inggris ini dibutuhkan untuk semua level, mulai Entry Level Staf, Senior Staf, Coordinator, Supervisor, Manajer Departemen hingga level Chief. Selain itu, data lainnya menunjukkan 2 industri yang mensyaratkan skill Bahasa Inggris ternyata juga menjadi industri yang paling banyak menyerap tenaga kerja yakni Manufaktur dan Konstruksi. Industri lainnya adalah perdagangan, jasa, ritel, layanan kenyamanan (hospitality), komputer/IT, F&B, konsultan, finansial dan bank.

copyright by Vemale.com

Menurut Patricia Setyadjie, Country Manager EF English Centers for Adults Indonesia mengungkapkan, berdasarkan survey dari hasil test awal yang dilakukan calon siswa, 46,5% ditemukan memiliki kemampuan berbicara dua level lebih rendah di bawah kemampuan reading dan listeningnya.

"Kenyataannya, kemampuan berbicara memiliki peran sangat penting dalam komunikasi bisnis. Lalu bagaimana kita bisa bersaing dengan tenaga kerja asing yang lebih fasih dalam berbahasa Inggris, terlebih dalam perusahaan-perusahaan besar dan multinasional," ungkap Patricia dalam acara diskusi di kawasan Jakarta belum lama ini.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, survey yang dilakukan EF English Centers for Adults, 51% responden di atas usia 18 tahun dan 74% berusia 27 – 37 tahun memilih belajar Bahasa Inggris dengan alasan untuk karir. Selain kemampuan Bahasa Inggris, kekurangan lainnya yang menimpa pekerja Indonesia adalah ketika melakukan presentasi, bagaimana mengomunikasikan idenya, serta membangun jaringan.

"Center EF khusus untuk dewasa berdesain modern dan nyaman serta memiliki guru-guru lokal dan native speaker bersertifikasi, yang akan membekali siswa dengan berbagai kemampuan bisnis untuk menunjang daya saing mereka di dunia profesional. Namun bila mereka sedang sibuk mereka juga bisa mengikuti kelas online yang jadwalnya tersedia 24 jam/7 hari seminggu dengan guru native speaker," jelasnya.

Dengan semuanya ini, tidak ada alasan dan hambatan lagi bagi orang dewasa untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris yang mutlak dibutuhkan sebagai skill dalam era abad 21 ini.

(vem/yun/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading