Sukses

Fashion

Tips Cerdas Memilih Baju untuk Si Kecil

"Nggak papa deh, baju mamanya biasa-biasa aja, sekarang semuanya beli buat anak, yang penting anakku kelihatan kece!"

Pernah mendengar ungkapan itu atau mungkin Anda sendiri pernah mengatakannya pada suami atau teman? Anda tidak sendiri, Ladies!

Berkembangnya industri baju anak, memang membuat pasar dibanjiri aneka pilihan yang menggemaskan. Tidak hanya dari designer lokal, namun baju impor juga beredar luas di pasaran. Seperti Jemi Babykids misalnya yang mengkhususkan diri bagi busana anak dan bayi.

Wah, bikin makin sering belanja nih kayaknya. Namun Anda tetap lah harus cerdas dalam memilih apa yang akan dikenakan si kecil. Bukan apa-apa, pemilihan baju yang kurang tepat bisa membuat anak rewel dan bisa menimbulkan iritasi pada kulit. Jadi, apa sih pakemnya dalam memilih baju untuk anak?

Tepat Memilih Bahan

Kebanyakan brand ternama memang sudah mempunyai standart sendiri dalam membuat baju anak. Biasanya mereka memilih material katun atau bahkan katun organik terutama untuk usia bayi dan balita karena kulit mereka masih sangat sensitif. Katun menyerap keringat dan juga lentur sehingga memungkinkan anak untuk bergerak lebih leluasa.

Bahan yang panas bisa menyebabkan biang keringat. Bahan tule mungkin terlihat lucu saat dipakaikan ke anak, tapi tanpa lapisan katun tebal di dalamnya, kulit anak yang bergesekan bisa membuat lecet.  Begitupun bagi anak yang sudah masuk usia sekolah, aktifitas bermain yang lebih intens membuat mereka bergerak lebih banyak. Mulai sekarang cobalah biasakan mengecek label spesifikasi bahan yang biasa ada di bagian dalam baju.

Banyak pilihan untuk si kecil dari Jemi BabyKids

Sesuaikan dengan Kondisi

Saat mau pergi, pastikan Anda mengetahui kira-kira bagaimana kondisi di tempat anda mau pergi. Apakah dingin atau gerah atau banyak angin, dll. Pakaian yang tepat membuat anak merasa lebih diterima di lingkungannya. Dia pun akan betah berinteraksi dengan sebayanya. Jika Anda ragu, selalu bawa baju ganti/ baju cadangan. Tambahkan outer (jaket , sweater atau cardigan) jika ragu. Anak bisa mengikatkannya di pinggang atau memasukan ke tas jika memang tidak diperlukan.

Pilih Warna dan Motif Favorit

Jika dulu anak laki-laki identik dengan biru atau hijau dan perempuan dengan pink atau merah, sekarang pilihan makin beragam. Kombinasi warna warni cerah saat ini sudah lazim bagi anak. Selama masih bisa diterima mata Anda dan anak menyukainya, silahkan saja bereksperimen dengan warna.

Warna cerah juga membantu dalam menstimulasi indra pengelihatan, terutama pada bayi dan anak usia dini. Ajak anak asik belajar mengenal dan menghapal warna melalui motif yang ada di pakaian mereka, misalnya gambar berbagai macam kendaraan di jalan raya atau binatang.

Berkesperimenlah dengan warna dan motif

Perhatikan Detail

Kualitas suatu pakaian bisa dilihat dari jahitan dan aksesoris pendukung yang digunakan. Jahitan yang rapi tentunya penting bagi pakaian anak, apalagi saat anak dalam fase gemar memasukkan barang ke mulut. Benang lepas, kancing yang terpasang kendur, adalah mimpi buruk mama. Begitu pula dengan aksesoris baik yang terpasang di baju ataupun sebagai penghias kepala. Seperti pita, mutiara imitasi, atau renda yang ada pada baju anak.

Pastikan ukurannya cukup besar agar Anda langsung sadar begitu anak sudah berhasil menarik dan memegangnya di tangan. Periksa juga apakah sudah terpasang dengan erat ke baju dan tidak mudah lepas karena gerakan anak.

Sesuaikan  dengan Usia

Maraknya kontes kecantikan anak maupun ajang mencari bakat, membuat sebagian anak dan orangtua meniru dandanan selebriti. Tanpa sadar pun kita sebagai orangtua pernah mendadani anak dengan tampilan bak orang dewasa. Ada baiknya mama tetap memperhatikan kepantasan dan kelayakan anak saat mengenakan busana tersebut. Bisa jadi anak usia sekolah akan meniru atau merasa terpaksa karena teman-temannya mengikuti tren yang sama.

Anda lah yang harus menjelaskan, mengapa Anda tidak setuju dengan pilihannya. Berikan alternatif yang lebih bisa Anda terima tapi juga disukai anak. Cari tahulah siapa tokoh muda yang sedang beken di kalangan petemanan anak yang sekaligus bisa dijadikan panutan. Perlihatkan gaya busana yang baik dari tokoh tersebut.

Beragam aksesoris dari Jemi BabyKids

Jemi BabyKids adalah produk lokal untuk baju bayi dan balita besutan Karina Chrisanti. Mama satu anak ini sangat peduli dengan kenyamanan anak saat berpakaian. Jemi BabyKids melihat bagaimana pentingnya menghadirkan pilihan baju berbahan katun yang cocok bagi si kecil yang aktif bergerak.

Dengan mengkombinasikan corak polos dan motif, menjadikan anak tidak terlalu 'ramai'. Tak hanya pakaian, Ladies juga bisa menemukan berbagai macam aksesoris seperti headband, pita untuk rambut, dan suspender di sini.

(vem/boo)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading