Sukses

Fashion

5 Tips Hidup Nyaman dengan Anggaran Belanja

Takaran kebahagiaan setiap orang berbeda, namun untuk mewujudkannya Anda harus berhemat dengan anggaran belanja. Bagaimana caranya?

1. Tentukan prioritas hidup Anda

Ada orang yang lebih nyaman hidup sederhana dengan materi secukupnya; ada pula yang akan bahagia bila mereka punya banyak tabungan dan perhiasan mewah. Apapun pilihan Anda, tentukan kebahagiaan apa yang Anda inginkan? manakah yang membuat Anda nyaman, rumah dan lingkungan yang aman, makanan enak, binatang piaraan, atau gadget? Tentukan mana yang berharga bagi Anda dan itulah yang akan Anda beri perhatian lebih.

2. Gunakan anggaran belanja

Tanpa anggaran, keuangan Anda akan berantakan. Bila anda malas berfikir sendiri, Anda pun bisa memanfaatkan sarana penyusunan anggaran secara online. 

3. Makan enak

Makan di luar itu sangat boros. Meskipun mulanya tak suka memasak, mulai sekarang Anda perlu mensugesti diri sendiri bahwa memasak itu mengasyikkan dengan mencoba berbalanja bahan dan mencoba resep-resep masakan baru dari internet. Hanya dengan begitu Anda bisa memangkas anggaran makan di luar.

4. Tempat tinggal

Setiap orang memang butuh tempat tinggal yang nyaman, namun tak harus mewah hingga membuat rekening Anda kebakaran kan? Pilihlah daerah dengan biaya sewa yang murah atau berbagi kamar dengan orang lain untuk berhemat. Pilihlah pula perabotan yang sederhana dengan dekorasi buatan Anda sendiri.

5. Pembakaran anggaran

Ada kalanya Anda akan sangat muak dengan segala tetek benget aturan berhemat sehingga akan mangkir dan cenderung untuk berfoya-foya demi pelampiasan. Solusinya, sisihkan anggaran untuk Anda memanjakan diri sendiri secara berkala.

Bila Anda dapat mempraktekkan saran-saran di atas dengan baik, maka Anda pun akan mendapatkan hidup nyaman.

Sumber: money.howstuffworks.com

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading