Sukses

Fashion

Review + Kuis: Tomodachi, Serunya Cinta dan Persahabatan di SMA Jepang

Masa SMA adalah masa yang sangat indah, masa di mana seseorang akan belajar untuk menemukan jati dirinya, menemukan sahabat terbaiknya, melambungkan mimpi dan merasakan cinta. Tema itulah yang diangkat dalam novel Tomodachi. Jika diartikan, Tomodachi adalah bahasa Jepang yang artinya adalah teman atau sahabat. Novel karya Winna Efendi ni diterbitkan oleh Gagas Media yang memiliki 360 halaman.

Jika Anda menyukai hal-hal berbau Jepang, sekaligus kisah cinta ringan dalam balutan suasana SMA, Anda harus membaca buku yang satu ini. Tomodachi mengambil latar belakang kehidupan anak SMA di Jepang. Tokoh utamanya adalah gadis bernama Tomomi. Dia memiliki sahabat baik bernama Chiyo dan bersekolah di tempat yang sama, Katakura Gakuen (SMA Katakura).

Foto: copyright Vemale.com

Kisah bergulir sejak hari pertama Tomomi masuk sekolah. Dia bertemu dengan seorang pemuda bernama Tomoki. Bagi Tomomi, pemuda itu sangat menyebalkan. Sialnya, Tomomi harus satu kelas dengan Tomoki, bahkan mereka duduk bersebelahan. Mau tidak mau, Tomomi harus bersabar dengan sikap menyebalkan Tomoki hingga mereka naik kelas, karena kelas akan diacak pada tahun selanjutnya.

Seperti gadis remaja pada umumnya, Tomomi jatuh cinta dengan kakak kelas yang bernama Hasegawa senpai (sebutan untuk senior). Tidak mungkin Tomomi langsung bilang cinta, maka dia melakukan pendekatan dengan ikut masuk ke klub Hesagwa senpai berada. Tomomi bermaksud menjadi manajer klub sepak bola SMAnya, tapi sayang, seorang gadis bernama Miyazaki Tabitha (Tabi) juga mengincar jabatan yang sama. Ternyata Tabi juga menaruh hati pada Hasegawa.

Foto: copyright Vemale.com

Tidak ingin kisah cintanya layu sebelum berkembang, Tomomi tak mau ketinggalan. Dia mendaftar di klub atletik karena tempat latihan dua klub itu saling bersebelahan. Intinya, Tomomi bisa melihat Hasegawa berlatih. Sialnya lagi, ternyata Tomoki yang dibenci Tomomi juga tergabung dalam klub atletik.

Anda akan dibuat gemas dan penasaran dengan perkembangan hubungan antara Tomomi, Tomoki, Hasegawa, Tabi, Chiyo dan Ryuu (sahabat Tomoki). Cerita bergulir dengan bahasa santai, sehingga Anda seolah sedang membaca manga yang ditulis dalam bentuk novel. Berbagai tradisi dan kegiatan khas sekolah Jepang dapat Anda rasakan di dalam Tomodachi. Winna Effendi tampaknya tahu betul bagaimana mengemas alur cerita menjadi sangat manis dan menaik turunkan emosi pembaca.

Cinta itu rumit, ya. Orang yang kau sukai tidak selalu membalas perasaanmu. Kadang kau jatuh cinta pada orang yang salah. Dan kadang, kau bahkan tak sadar ada orang yang selama ini dengan tulus menyukaimu. -  Miyazaki Tabitha

Tidak hanya kisah cinta dan persahabatan yang ditonjolkan dalam buku ini, karena murid-murid SMA ini mulai menyusun impian merek. Tak hanya hal-hal manis yang ditonjolkan dalam novel ini, karena hidup akan lebih sempurna jika seseorang merasakan pahit. Dalam novel  ini karakter-karakternya akan belajar bahwa kadang tak semua yang diinginkan bisa terwujud. Ada waktu dimana hidup tak hanya tentang berjuang, tetapi juga menerima kekecewaan, kekalahan dan takdir untuk menjadi orang yang lebih baik.

Satu hal yang menarik, dalam novel ini akan Anda temukan beberapa halaman untuk diisi sendiri. Ada halaman apa kegiatan ekstra kulikuler Anda. Ada kolom untuk mengisi foto dengan sahabat-sahabat Anda dan lain sebagainya. Anda pasti tersenyum mengenang bagaimana masa SMA Anda dahulu. Atau jika saat ini Anda masih SMA, Anda bisa mengisi halaman spesial di buku Tomodachi.

Jika Anda ingin bacaan yang ringan sekaligus mengenang masa SMA, tak ada salahnya menikmati Tomodachi. Impian tidak hanya dimulai saat masih sekolah, karena selama Anda masih bernapas, setinggi apapun impian Anda, Anda punya banyak kesempatan untuk meraihnya.

KUIS BERHADIAH BUKU TOMODACHI:

Penasaran dengan buku Tomodachi? Vemale.com punya kuis berhadiah 1 buku Tomodachi dan notes keren untuk Anda. Caranya gampang, follow Twitter @vemaledotcom dan like fanpage Vemale.com, lalu jawab pertanyaan di bawah ini:

Peristiwa apa yang paling kamu kenang di masa SMA?

Tulis jawabannya di kolom komentar dengan format:

Nama:

Alamat email:

Twitter:

Jawaban:

Jawaban Anda kami tunggu hingga tanggal 17 Agustus 2014. Pemenang akan kami umumkan di artikel ini pada tanggal 18 Agustus 2014. Semoga beruntung.

PEMENANG KUIS TOMODACHI:

Pemenang yang beruntung mendapatkan 1 buku Tomodachi dan notes adalah Alya Nurhafidza (@alnfi). Silakan cek email atau inbox Facebook untuk melakukan konfirmasi.

Bagi sahabat Vemale yang belum memenangkan kuis ini, kuis selanjutnya berhadiah 1 buku Relationshit dan 1 notes, yuk ikutan!

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading