Sukses

Fashion

3 Trik Psikologis Menipu Diri Sendiri Agar Nggak Keseringan Belanja

Dibanding pria, wanita memang lebih mudah tertarik dan tergoda untuk belanja banyak hal, apalagi jika punya penghasilan sendiri dan hidup sendiri. Terkadang, kebiasaan belanja ini justru jadi satu hal yang memicu banyak masalah jika tidak dikendalikan dan disikapi dengan bijak.

Secara psikologi, Susan Krauss Whitbourne, Ph.D., ABPP, profesor psychological brain science University of Massachusetts Amherst kamu mengungkapkan bahwa semua orang sebenarnya bisa mengendalikan keinginan belanja ini.

1. Jangan mudah tertipu iklan dan terbawa perasaan
Ketika melihat iklan atau melihat barang bagus, kebanyakan wanita jadi terbawa perasaan dan merasa seakan-akan membutuhkan barang tersebut. Padahal sebenarnya keinginan belanja itu hanya efek emosi ingin memiliki saja. Banyak orang tergoda setelah melihat iklan barang yang meyakinkan. Fokuslah pada apa yang benar-benar kamu butuhkan saja.

2. Jangan impulsif (Bertindak sebelum berpikir)
Seringkali orang memutuskan beli dengan secepat kilat padahal tidak memikirkan dulu apakah ia membutuhkannya, apakah itu benar-benar bermanfaat setelah dibeli dan seberapa banyak itu bisa membantu jangka panjang dan lainnya. Wanita sering bersikap impulsif, mudah bertindak sebelum berpikir rasional dengan alasan yang yang bisa dipertanggung jawabkan.

3. Lihat apa yang sudah kamu punya, bukan apa yang belum kamu punya
Jika menuruti keinginan belanja, tak akan ada habisnya. Bahkan seringkali orang akan mencari pembenaran untuk bisa belanja. Sebelum belanja, sebaiknya pikirkan dan lihat, apa saja yang sudah kamu miliki, apakah dengan tidak adanya barang tersebut hidupmu akan terganggu? Jika tidak, maka tak perlu membelinya. Jika barang itu termasuk barang primer yang akan mengganggu kenyamananmu sehari-hari, maka tidak masalah membelinya.

Itu dia sekian trik menipu diri sendiri agar tidak mudah tergoda untuk belanja barang-barang yang sebenarnya tidak begitu kamu perlukan. Yuk lebih hemat dan lebih bijak membelanjakan uangmu ladies.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading