Sukses

Beauty

Tak Hanya Lezat, 5 Makanan Ini Bisa Tingkatkan Hormon Kebahagiaan

Jika pikiranmu bahagia, maka kamu akan bisa mencapai apapun. Kebahagiaan akan membuat hari terasa sangat indah. Empat bahan kimia utama di otak bertanggung jawab untuk membuatmu bahagia yaitu dopamin, serotonin, endorfin, dan oksitosin. Sederet makanan enak ini akan membuatmu merasa bahagia dan bisa menaikkan moodmu.

  • Dilansir oleh boldsky.com, makanan pertama yang bikin bahagia adalah coklat. Coklat penuh dengan antioksidan. Ini dapat meningkatkan suasana hati secara alami karena adanya N-acylethanolamine, sekelompok bahan kimia yang menstimulasi otak untuk melepaskan endorfin. Itulah alasan mengapa kita mengalami perasaan euforia setelah mengonsumsi sebatang coklat. Coklat juga berfungsi meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan kesehatan jantung dan meningkatkan fungsi kognitif.
  • Bahan makanan kedua adalah alpukat. Alpukat mengandung asam lemak omega-3 yang berhubungan dengan kesehatan otak dan mengatur suasana hati. Buah ini juga kaya vitamin B3 yang meningkatkan serotonin dan membuatmu jadi lebih bahagia.
  • Tomat ceri adalah sumber lycopene yang sangat baik, antioksidan yang melindungi otak dan memerangi depresi. Para peneliti telah menemukan bahwa salah satu manfaat terbesar dari likopen adalah pencegahan penumpukan senyawa pro-inflamasi yang dikaitkan dengan depresi.
  • Kacang-kacangan mengandung vitamin B, asam lemak omega-3, magnesium dan seng yang menjaga tingkat hormon stres kortisol rendah. Kacang-kacangan seperti walnut dan almond dan biji seperti biji labu merangsang produksi endorfin yang kemudian dilepaskan ke aliran darah untuk menimbulkan perasaan euforia, menghilangkan stres dan meningkatkan kesenangan.
  • Susu dikenal untuk meningkatkan mood karena mengandung senyawa yang disebut tryptophan yang akan dikonversi menjadi serotonin, yang merupakan hormon bahagia yang membantu dalam mengatur suasana hati. Protein yang ditemukan dalam susu yang dikenal sebagai laktium memiliki efek menenangkan pada tubuh.


Nah, semoga informasi ini bermanfaat untukmu ya Ladies. Konsumsi saja makanan super lezat dan sehat ini untuk meningkatkan moodmu.

(vem/ivy)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading