Sukses

Beauty

Penting! Biaya Konsultasi Kesehatan Jiwa Ditanggung BPJS

Masalah kesehatan jiwa masih minim perhatian. Stigma negatif terhadap seseorang yang mengalami masalah kesehatan jiwa seringkali membuat seseorang ragu untuk berkonsultasi dengan psikiater. Nyatanya berkonsultasi kepada psikiater atau psikolog bukan berarti seseorang tersebut mengalami gangguan kejiwaan, bisa jadi karena stres dan rasa tertekan.

Banyaknya tuntutan hidup membuat seseorang mudah stres. Pekerjaan yang menumpuk, tuntutan orang terdekat dan belum lagi macet saat tinggal di ibu kota bisa menjadi penyebab seseorang stres. Jika dibiarkan hal ini tidak hanya mengancam kesehatan jiwanya tapi juga fisiknya. Sayangnya banyak yang menganggap tidak perlu berkonsultasi kepada dokter. Tidak hanya karena masalah stigma namun juga masalah biaya.

Konsultasi dengan Psikiater Gratis dengan BPJS Kesehatan

Konsultasi dengan Psikiater Gratis dengan BPJS Kesehatan/Copyright Shutterstock

Di era BPJS sekarang, kamu bisa memanfaatkan pelayanan BPJS Kesehatan yang juga melayani pasien dengan gangguan kejiwaan. Kamu dapat datang ke faskes 1 terlebih dahulu seperti puskesmas atau klinik yang melayani pasien BPJS kesehatan, minta rujukan agar bisa mengirimkan surat rujukan ke RSJ atau RSUD yang ada pelayanan psikiatrinya.

Bahkan di beberapa kota besar, faskes 1 sudah menyediakan tenaga psikiatri sehingga kamu langsung dapat berkonsultasi di sana. Faskes sekelas puskesmas pun sudah menyediakan tenaga psikiatri. Jadi kamu tidak perlu ribet harus mengurus surat rujukan agar dapat berkonsultasi dengan pskiatri ataupun psikolog.

Jadi ladies, tidak ada yang salah dengan berkonsultasi dengan psikolog. Well, masalah kesehatan jiwa dan mental bukanlah masalah yang sepele. Jangan biarkan hal ini menjadi penghambat kamu untuk menjalani hidup dengan baik. Semoga informasi ini bermanfaat. Stay healthy, ladies.

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

  • Badan Penyelenggara Jaminan Sosial adalah badan hukum yang dibentuk untuk menyelenggarakan program jaminan sosial.

    BPJS

  • BPJS Kesehatan merupakan salah satu badan hukum yang bertugas menyelenggarakan program jaminan kesehatan bagi masyarakat Indonesia.

    BPJS Kesehatan

  • Mengatasi Stres

Loading