Sukses

Beauty

4 Cara Menolong Orang Depresi Agar Tidak Berniat Bunuh Dini

Di Indonesia, banyak kasus bunuh diri yang tidak dilaporkan karena masih banyak yang berpikir bahwa bunuh diri adalah hal yang sangat tabu untuk dibicarakan di masyarakat dan juga keluarga. Pemikiran ini membuat psikolog, psikiater dan juga para peneliti mengalami kesulitan untuk mengumpulkan data dan juga mencari solusi untuk masalah ini.

Selain menolong diri sendiri, kita juga bisa dan harus menolong orang-orang terdekat kita. Ini adalah beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mereka:

  • Menjadi Pendengar yang Baik

Kesalahan yang sering kali terjadi adalah kita mendengar untuk merespon, bukan untuk mengerti. Orang-orang yang sedang depresi sering kali tidak membutuhkan saran dari kita, mereka hanya ingin didengarkan. 

Bersimpati atas keadaannya saat ini, sabar, tenang dan coba terima semua cerita-cerita yang mereka bagikan. Teman atau keluarga kita sedang melakukan hal yang benar dengan cara berbagi cerita ke kita.

Kita bisa merespon cerita mereka dengan “apa yang bisa saya bantu?”, “Iya, saya mengerti”, atau “Saya selalu di sini kalau kamu butuh”. Beri tahu mereka bahwa kita benar-benar peduli akan kondisi mereka, dan mereka tidak sendiri.

  • Jangan Menghakimi

Salah satu alasan banyak orang enggan bercerita mengenai kondisi mental mereka, adalah ketakutan akan dihakimi. Apapun yang mereka alami pada masa lalu, seburuk apapun itu, walaupun hal itu tidak sesuai dengan nilai moral yang kita anut, jangan sekali-sekali menghakimi mereka.

Ambil waktu untuk mendengarkan apa yang sedang mereka rasakan. Ini bukan soal apa yang mereka sudah lakukan, namun lebih mengenai bagaimana perasaan mereka akan hal tersebut dan juga apa yang mereka pikirkan tentang diri mereka.

  • Jangan Melakukan Bully Orang yang Sedang Depresi

Sudah sering terbukti bahwa bully sangat dapat memicu tindakan bunuh diri. Efek dari bullying terhadap perasaan dan kualitas diri dari korban sangat destruktif. Mereka akan merasa tidak bernilai, tidak dicintai, tidak diinginkan.

Letakkan diri kita di posisi mereka. Apa kita mau dipermalukan di depan umum? Jika tidak, maka jangan lakukan itu ke orang lain.

  • Bujuk Mereka untuk Mendapatkan Pertolongan dari Tenaga Profesional

Jika kondisi teman atau keluarga kita tidak juga membaik, kita harus secara perlahan menasehati mereka untuk mendapatkan pertolongan yang serius.

Yakinkan mereka bahwa pertolongan itu ada dan juga pemikiran untuk bunuh diri itu hanya sementara. Beri tahu bahwa hidup mereka sangat penting bagi kita dan juga keluarga.

Ada banyak orang yang mengalami masalah kesehatan mental namun terabaikan/copyright Pexels.comSetiap tahun, ada jutaan orang di dunia yang mengalami masalah dengan kondisi mental. Mereka bisa jadi teman, keluarga, pasangan, atau bahkan diri kita sendiri. Terus belajar mengenai tanda-tanda depresi dan juga bagaimana cara menghadapinya.

Cerita-cerita ini akan dapat menginspirasi orang lain untuk sama-sama bertarung melawan perasaan negatif dan juga depresi. Semoga cerita pengalaman pribadi saya dapat menginspirasi banyak anak-anak muda di luar sana agar tetap kuat dalam menjalani hidup.

Ingat, banyak orang-orang yang sayang dengan kita. Tetap kuat dan jangan menyerah ya.

Sumber artikel: iPrice.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading