/segar-dan-rileks/102842-pelupa-itu-nggak-seksi-lakukan-ini-untuk-menghindari-pikun-dini.html

Pelupa Itu Nggak Seksi, Lakukan Ini untuk Menghindari Pikun Dini

Senin, 20 Maret 2017 14:40

Oleh: Endah Wijayanti

Foto: copyright Unpopulart - Bunga Ayu

Vemale.com - Masih muda kok pelupa? Cantik-cantik kok pikunan? Ah, pastinya kamu nggak mau dong disebut seperti itu.

Kalau kamu sering lupa dengan hal-hal yang terjadi di sekitarmu atau di dekatmu, saatnya untuk lebih peduli dengan kesehatan mental dan otakmu. Untuk mencegah pikun dini, ada kebiasaan-kebiasaan sederhana yang bisa kamu lakukan. Seperti kebiasaan-kebiasaan berikut ini.

  • Luangkan Waktu Minimal 30 Menit untuk Olahraga

    Luangkan waktu setengah jam saja untuk berolahraga setiap hari. Seperti yang dilansir oleh lifehack.org, olahraga bisa meningkatkan memori dan membuat kita berpikir lebih jernih. Selain itu, olahraga juga bisa mengurangi risiko terkena penyakit yang berkenaan dengan kemampuan kognitif. Olahraga bisa memicu keluarnya senyawa kimia yang disebut faktor pertumbuhan yang dapat membuat neuron otak jadi lebih kuat dan lebih sehat.

  • Menjaga Pola Makan Sehat

    Saatnya untuk menjaga pola makan sehat. Makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans seperti yang sering ditemukan di ragam makanan olahan bisa memberi dampak negatif pada sinapsis otak. Sinapsis ini berfungsi untuk menghubungkan neuron-neuron otak yang penting untuk kegiatan belajar dan daya ingat otak. Kalau kamu ingin menjaga fungsi sinapsis agar tetap optimal, konsumsilah makanan yang baik untuk otak seperti ikan salmon, kacang kenari, dan buah kiwi.

  • Tidur yang Cukup

    Tidur merupakan kebutuhan penting dalam hidup. Tidur bisa memberi kesempatan otak untuk memutar ulang memori yang kamu dapatkan pada hari itu dan menjaga memori tersebut untuk jangka panjang. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa otak bisa mengulas dan merekam memori lebih cepat saat kita sedang tidur daripada saat terjaga. Tidur siang 90 menit pun bahkan bisa meningkatkan kemampuan daya ingat selama 90 menit.

  • Bermain Game Asah Otak

    Tahu nggak kalau otak juga butuh olahraga? Kamu bisa coba memainkan permainan yang merangsang kinerja otak seperti puzzle dan memory game. Memainkan permainan yang merangsang fungsi otak dapat mengurangi risiko kita terkena demensia. Di samping itu, melakukan olahraga yang merangsang kinerja otak juga bisa membangun dan menjaga cadangan stimulasi otak.



Pada intinya menjaga pola makan dan kebiasaan sehat adalah langkah paling penting biar nggak gampang pikun. Selain itu, usahakan untuk selalu mempelajari hal-hal baru agar otakmu tetap hidup dan nyala. Semoga info di atas bisa bermanfaat buatmu, Ladies.

INFO BERMANFAAT LAINNYA

Saat Melakukan Hal yang Kamu Suka, Ini yang Terjadi pada Otakmu

Beda dari Pria, Ini Efek Stres Pada Wanita yang Perlu Diwaspadai

Hindari 4 Makanan Ini Jika Tidak Ingin Kehilangan Konsentrasi

Terbukti, Terlalu Sering Pakai Gadget Bikin Kamu Malas Berpikir!

Secara Ilmiah, Pemain Gitar Punya Otak Seksi Dibanding Orang Lain

(vem/nda)


Rekomendasi Pilihan

Rambutan Kekinian, Asinan yang Bikin Ngiler

----
Anda punya kisah inspirasi (cinta, pernikahan, persahabatan, keluarga, dll) atau punya tips keren seputar wanita? Silakan kirim ke redaksivemale@kapanlagi.net.

Share your story and let's be friends with Vemale.com :)
----

DON'T MISS IT
YOU NEED TO KNOW
KOMENTAR ANDA

MOST VIEWED ARTICLES
LOAD MORE


ZODIAK HARI INI

Aries

Karier semakin baik.