Sukses

Lifestyle

Bagi Wanita, Curhat Merupakan Cara Termudah Melepas Beban

Ngobrol dan sesi curhat tampaknya akan selalu melekat pada kehidupan wanita. Rasanya nggak lengkap kalau dalam seminggu atau sebulan nggak ada sesi curhat. Yang diobrolin dan diungkapkan waktu curhat pun bisa sangat beragam tapi umumnya memang persoalan pribadi.

Biasanya kita tak bisa mengajak sembarang orang untuk diajak curhat. Hanya orang-orang yang membuat kita nyaman yang bisa jadi teman curhat yang menyenangkan. Bisa sahabat, saudara, atau bahkan orang tua. Lalu apa sih untungnya curhat? Bukannya malah membuang-buang waktu?

Curhat Bisa Jadi Cara Termudah Melepas Beban

Saat curhat, kamu mungkin akan menceritakan dan mengungkapkan semua isi hatimu. Hal-hal yang membuatmu marah, kesal, dan emosi bisa dengan mudah kamu keluarkan. Bahkan tak jarang sampai melibatkan air mata juga. Dan ini memang jadi cara termudah melepas beban.

Saat kita meluapkan emosi yang tertahan maka perasaan akan terasa lebih ringan. Beban berat yang tadinya begitu menyesakkan dada bisa terhempas begitu kita bisa mengeluarkan semua uneg-uneg yang kita rasa.

Curhat Bisa Mencegah Diri untuk "Meledak"

Bayangkan, jika semua emosi cuma kamu pendam dalam hati dan diri sendiri, lama kelamaan bisa meledak di saat tak terduga. Dan ini bisa jadi nggak sehat buat pikiran dan mentalmu. Dengan curhat, kamu bisa menguraikan semua emosi dan perasaanmu dengan lebih mengalir. Sedikit demi sedikit emosi negatif yang dirasa akan luntur. Setelah itu yang terasa adalah perasaan yang lebih tenang.

Curhat Jadi Bukti Kita Menaruh Rasa Percaya

Salah satu hal yang menyenangkan saat kita curhat adalah kita kembali sadar bahwa ada orang yang kita percaya. Kita percaya orang tersebut akan selalu ada untuk kita. Membuat kita merasa nyaman. Kita kembali disadarkan kalau kita tak sendiri. Hal ini bisa membuat hati jadi terasa lebih lapang.

Hanya saja saat curhat, kita juga jangan sampai egois, Ladies. Jangan sampai cuma kamu yang mendominasi curhat dan mengeluarkan semua uneg-unegmu. Kasihan kan kalau orang yang kamu ajak curhat malah merasa cuma dijadikan "tempat sampah" olehmu. Berikan juga ruang dan kesempatan ia untuk bercerita, ya.

Karena Wanita Pada Dasarnya Hanya Ingin Didengar dan Dimengerti

Meski banyak yang menganggap seorang wanita itu rumit tapi pada dasarnya hanya butuh hal sederhana untuk membuatnya bahagia. Wanita cuma ingin didengar dan dimengerti. Saat curhat, terkadang kita hanya butuh telinga yang mau mendengarkan kita. Mengetahui ada orang yang mau memberikan dan merelakan waktunya untuk kita sudah jadi sebuah kebahagiaan sendiri.

Kalau kamu sendiri, biasanya lebih sering curhat sama siapa, Ladies? Apa saja sih yang biasanya diceritakan dan diobrolkan saat sedang curhat?

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading