Sukses

Lifestyle

Gawat! Diam-Diaman Justru Bikin Hubunganmu Berada di Ujung Tanduk

Sebuah masalah yang sepele bisa jadi membesar kalau dihindari. Semakin lama masalah itu dibiarkan begitu saja, persoalan bisa jadi makin runyam. Hubungan yang tadinya sudah dibangun lama bisa berada di ujung tanduk kalau komunikasi tak berjalan dengan baik.

Sering terjadi dalam sebuah hubungan bahwa pasangan bisa saling diam saat ada masalah yang terjadi. Kamu malas berbicara dengannya karena merasa percuma berkomunikasi karena dia tak pernah mengerti. Sementara itu, dia juga enggan berbicara karena merasa sudah tak dipedulikan lagi olehmu. Ujung-ujungnya cuma saling mendiamkan. Kondisi ini kalau dibiarkan terus, wah bisa-bisa hubunganmu susah untuk dipertahankan lagi.

    Diam-Diaman Itu Seperti Topeng

    Saat saling mendiamkan, kita sadar bahwa ada masalah yang terjadi. Namun, masalah itu terlalu rumit dan sensitif untuk dibicarakan. Akhirnya, kita memilih untuk menghindar. Kita jadi seolah memakai topeng, yang memperlihatkan seolah kondisi kita baik-baik saja padahal ada sesuatu yang perlu diperbaiki dengan segera.

    Saling Mendiamkan Bisa Menyakiti Perasaan

    Bayangkan kamu didiamkan lama oleh pasanganmu, kamu akan merasa seolah sedang tak dipedulikan. Seakan kamu dihukum dan merasa dia sengaja menciptakan jarak menjauh darimu. Kamu merasa jadi pihak yang bersalah tapi seakan tak punya kuasa untuk mengatasinya.

    Saling Diam Bisa Memunculkan Banyak Prasangka

    Terkadang lebih baik langsung mengutarakan persoalan dan bertengkar kemudian menyelesaikan masalah itu bersama. Daripada diam dan merasa paling benar sendiri. Merasa enggan dan gengsi untuk angkat bicara duluan. Akhirnya yang tercipta adalah munculnya banyak prasangka. Kita jadi memikirkan hal-hal yang seharusnya tak kita pikirkan. Muncul rasa gampang cemburu dan saling curiga.

    Memunculkan Ilusi Semua Baik-Baik Saja Padahal Saling Melukai

    Kondisi saling diam dan mendiamkan ini bisa memunculkan ilusi seakan semua baik-baik saja. Seolah segala sesuatunya berjalan normal dan harmonis. Padahal yang terjadi sesungguhnya adalah kamu dan pasangan malah saling melukai. Seperti luka yang hanya akan makin parah jika tak segera diobati.

Untuk mengatasi persoalan ini memang kita harus bisa mengalahkan ego dan sikap keras kepala kita sendiri. Mau bersikap jujur dan terbuka satu sama lain. Yang penting tidak saling membohongi diri tentang kondisi yang terlihat baik-baik saja padahal ada masalah yang perlu segera diatasi bersama.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading