Sukses

Lifestyle

Kenapa Pria Suka Melirik Wanita Lain? Ini Penjelasan Ilmiahnya


Suka merasa sebal nggak ketika sedang jalan berdua dengan si dia eh dia malah suka melirik wanita lain. Kalau dia terpergok, dia selalu nggak mau ngaku dan cari-cari alasan. Kalau sudah seperti ini memang bikin jengkel setengah mati.

Alasan kenapa pria suka melirik wanita lain sangat beragam. Mulai dari memang tabiatnya seperti itu hingga faktor insting dan pengaruh fungsi otaknya. Selengkapnya, yuk ikuti penjelasannya di sini.

Ada Pengaruh Insting
Seperti yang dilansir oleh newhealthadvisor.com, otak pria itu lebih visual karena pria memiliki tabiat sebagai pemburu sejak zaman dahulu. Pria primitif berburu untuk bertahan hidup dan senjata utamanya adalah daya penglihatannya. Otak pria lebih gampang terstimulasi dengan tampilan visual dibandingkan otak wanita. Kalau ada sesuatu yang menarik daya penglihatannya, ia langsung bereaksi.

Otak Pria Berbeda dengan Otak Wanita
Dilansir dari eharmony.com, Louann Brizendine, M. D., penulis The Male Brain memaparkan bahwa otak pria dan wanita itu sama-sama memiliki area yang bernama "sexual pursuit" di bagian hypothalamus. Tapi ukurannya berbeda. Pada pria, area tersebut 2,5 kali lebih besar daripada yang dimiliki wanita. Pria yang sedang berjalan dengan istrinya pun bisa tergoda untuk melirik wanita lain karena apa yang ia lihat memiliki daya magnet tersendiri yang sulit diabaikan.

Pengaruh Kadar Hormon Testosteron
Kenapa pria suka melirik wanita lain? Salah satu penyebabnya adalah karena kadar testosteron pada tubuh pria 6 kali lebih besar dibandingkan yang dimiliki wanita. Menurut para peneliti di Columbia University, area kendali impuls di dalam otak terganggu oleh testosteron sehingga pria lebih suka melihat dulu sebelum berpikir.

Pria Suka dengan Keragaman
Menurut salah satu tulisan David Deida dalam The Way of the Superior Man, sekelompok pria dalam salah satu seminarnya diminta untuk memilih antara melihat majalah dengan 50 foto wanita tercantik di dunia atau melihat majalah dengan 50 foto beragam wanita yang cantiknya lumayan. Setiap pria dalam kelompok tersebut menyebutkan memilih majalah yang memuat foto yang lebih beragam. Dengan kata lain, pria memang suka keragaman. Saat dia melirik wanita lain, bisa jadi bukan karena wanita tersebut lebih cantik dari kamu. Tapi karena memang ia tertarik dengan hal yang berbeda.

Sebagai wanita, jelas kita merasa tersinggung kalau pasangan atau suami kita melirik wanita lain. Saat menghadapi masalah ini, penting bagi kita untuk lebih terbuka, saling menjaga perasaan, dan menjalin komunikasi yang lebih positif. Seorang wanita pada dasarnya sangat merasa dihargai ketika pria yang dicintai bisa menjaga pandangannya dari wanita lain, bagaimana menurutmu Ladies?

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading