Sukses

Lifestyle

Studi: Pasangan Ideal adalah yang Beda Usianya 1 Tahun

Ada yang bilang usia cuma soal angka. Kalau cinta sudah berbicara, batasan usia atau perbedaan usia bukan halangan. Tapi ada studi yang menarik.

Seperti yang dilansir oleh yahoo.com, sebuah studi yang dilakukan di Emory University, Atlanta menyebutkan ada perbedaan usia yang ideal untuk memiliki hubungan yang langgeng. Penelitian ini melibatkan tiga ribu orang dan menemukan bahwa semakin jauh perbedaan usianya, semakin besar peluang untuk berpisah. Tapi di balik pola itu juga ada pengaruh dari faktor lain seperti soal perbedaan prinsip hingga perbedaan tujuan yang ingin dicapai dalam sebuah hubungan.

Peneliti menemukan bahwa pasangan dengan beda usia lima tahun punya risiko 18 persen lebih besar untuk berpisah daripada pasangan yang usianya sebaya. Sedangkan untuk pasangan beda usia 10 tahun punya risiko 39 persen berpisah. Kalau beda usianya 20 tahun, risiko berpisah bisa sampai 95 persen.

Menurut peneliti, beda usia pasangan yang ideal adalah satu tahun. Dengan perbedaan usia hanya satu tahun, risiko bercerai hanya 3 persen.

Yang perlu ditekankan di sini bahwa hasil dan kesimpulan tersebut diambil dari data yang ada. Para peneliti pun sangat menyadari akan adanya pola yang berbeda pada setiap pasangan. Bagaimana pun banyak faktor yang juga ikut terlibat dalam langgeng tidaknya sebuah hubungan, mulai dari soal sikap, kepribadian, dan sebagainya.

Hugo Mialon, salah satu peneliti dalam studi tersebut mengatakan, "Bisa jadi tipe-tipe pasangan dengan karakteristik tersebut adalah pasangan yang secara rata-rata rentan bercerai karena berbagai alasan lainnya." Jadi, ada kemungkinan faktor lain yang berpengaruh pada langgeng tidaknya sebuah hubungan.

Ladies, terlepas dari hasil studi tersebut, apakah kamu punya pendapat lain soal pasangan ideal? Apakah cuma ditentukan dengan perbedaan usia atau ada faktor lain yang berpengaruh? Share your opinions with us :)

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading