Sukses

Lifestyle

Kirim Emoticon Peluk & Cium ke Pacar Saat Puasa, Boleh Nggak?

Tak terasa, umat muslim hari ini telah sampai pada hari ke 7 dalam menjalankan ibadah puasa Ramadan. Di bulan ini, setiap umat muslim yang menjalankan ibadah puasa diwajibkan untuk menahan segala hawa nafsu. Tak hanya hawa nafsu buat makan dan minum, tapi juga menahan hawa nafsu untuk tidak berbuat buruk dan menahan nafsu untuk tidak saling menimbulkan sahwat pada pasangan serta nafsu-nafsu lainnya.

Untuk setiap pasangan, di bulan Ramadan ini diwajibkan untuk bisa saling menjaga diri dan mengontrol dari segala nafsu yang bisa membatalkan puasa. Memang, setiap pasangan ingin tetap agar hubungan keduanya selalu romantis dan mengesankan selama di bulan Ramadan. Hanya saja, cara berlaku romantis satu sama lain perlu dibatasi selama menjalankan ibadah puasa. Apalagi, jika pasangan ini masih pacaran atau belum menikah.

Ustadzah Fatimah menjelaskan bahwa pasangan yang masih pacaran atau belum menikah sangat tidak diperbolehkan untuk berduaan saja. Ustadzah Fatimah mengatakan, "Pada dasarnya, yang namanya pacaran itu tidak ada di dalam Islam. Berduaan selama puasa ataupun tidak, hal ini tidak diperbolehkan. Di bulan yang suci ini, kita harus pandai-pandai menjaga diri agar tidak melakukan perbuatan yang tidak diperbolehkan. Terutama perbuatan berduaan dengan pasangan yang belum mahramnya. Takutnya, berduaan saja dengan pasangan akan menimbulkan perbuatan-perbuatan yang dilarang agama seperti halnya pelukan atau ciuman."

Ustadzah Fatimah | Photo: Copyright Doc Vemale.com

Saat ditemui Vemale di kediamannya yakni di kawasan Fatmawati, Jakarta Selatan pada Kamis 9 Juni 2016, Ustadzah Fatimah juga mengungkapkan,

"Bulan Ramadan adalah bulan yang suci. Ini adalah bulan yang sangat istimewa. Kalau melakukan kebaikan, pahalanya bisa berlipat ganda. Sementara itu, kalau melakukan perbuatan yang tidak diperbolehkan agama, ini bisa membuat puasa yang dijalankan menjadi sia-sia."

Kalau berpelukan saat puasa tidak diperbolehkan hingga menyebabkan batalnya puasa, lantas bagaimana jika pasangan yang masih pacaran saling kirim emoticon romantis seperti emo cium dan peluk di media sosial selama berpuasa? Ustadzah Fatimah menjelaskan,

"Kita jangan sampai terperangkap pada perbuatan yang bisa membuat puasa sia-sia. Memang, saling kirim emoticon romantis bisa menjaga hubungan satu sama lain, tapi hal itu nggak ada manfaatnya. Bagi anak-anak, itu mungkin dianggap sebagai permainan saja. Tapi jangan salah, mereka tetap harus bisa memilah mana yang baik untuk dilakukan dan mana yang tidak. Sebagai orang yang lebih dewasa, kita harus memberi arahan pada mereka bahwa itu tidak memiliki manfaat dan justru bisa membuat puasa yang dijalankan menjadi sia-sia."

Ustadzah Fatimah juga menambahkan, "Kalau kita tahu hal itu tidak ada manfaatnya dan justru membuat puasa yang dijalani menjadi sia-sia. Alangkah baiknya jika kita bisa mengontrol diri dan tidak usah terlibat di dalamnya. Kita harus bijak memanfaatkan alat komunikasi seperti halnya handphone atau media sosial."

Nah, mengenai penjelasan dari Ustadzah Fatimah, jadi lebih tahu kan bahwa saling kirim emoticon romantis dengan pacar atau pasangan yang bukan mahram sebaiknya tidak dilakukan selama puasa. Nggak hanya selama puasa saja sih, sebaiknya hal ini juga tidak dilakukan kapan pun. Kalau pun memang sudah cocok dan siap untuk menikah bersama pacar, alangkah baiknya jika kamu dan pasangan segera menikah. Bagi kamu yang sedang menjalankan ibadah puasa, selamat menjalankan ibadah puasa dan semangat selalu ya.

(vem/yun/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading