Sukses

Lifestyle

Awas, 8 Sikap Pasangan Ini Bisa Bikin Kamu Sakit Hati dan Depresi

Sakit hati dan depresi bisa timbul dari apa saja. Bisa timbul karena pekerjaan yang melelahkan di kantor dan timbul karena adanya masalah keluarga. Atau yang lebih sering adalah, timbul karena masalah cinta alias hubungan yang kurang harmonis dengan pasangan. Untuk sakit hati yang belum terlalu parah, mungkin ini bisa diatasi dengan mudah dan dialihkan dengan berbagai kegiatan yang disenangi.

Tapi, sakit hati yang sudah terlanjur parah bisa menyebabkan depresi, perasaan kurang percaya diri, lemahnya kesehatan fisik hingga memunculkan perselisihan yang berujung pada pertengkaran hebat hingga aksi kriminal.

Dikutip dari laman yourtango.com, permasalahan dalam suatu hubungan asmara dan sikap buruk pasangan merupakan suatu hal yang wajar dan biasa terjadi. Hanya saja, permasalahan ini ada yang bisa diselesaikan dengan mudah dan tak menimbulkan depresi hingga permasalahan serius yang bisa menimbulkan depresi. Mmm, kira-kira hubungan dan sikap buruk pasangan yang bisa menyebabkan sakit hati berlebih hingga depresi ini yang seperti apa sih? Berikut 10 tandanya.

(vem/mim)

Kritik Berlebih Dari Pasangan

Ketika kamu mendapat kritikan dari pasangan, ini bisa saja menyebabkan kamu mengalami depresi. Apalagi, jika kritikan ini dilakukannya dalam rentang waktu yang sangat sering dan merupakan kritik yang membuat kamu patah hati, sakit hati serta hina di matanya. Sementara kamu mendapat kritikan ini, kamu tak pernah bisa melawannya dan kamu tak bisa berbuat apa-apa untuk membela diri.

Pasangan Suka Memerintah Kamu
Hal kedua yang bisa menjadikan suatu hubungan sebagai pemicu depresi adalah pasangan yang selalu memerintah kamu seenak jidat. Pasangan selalu memberi tahu tentang apa yang harus kamu lakukan. Menurut para ahli, hubungan yang seperti ini sangat tidak sehat dan bisa membuat salah satu pihak merasa dirugikan serta tertekan.

Pasangan Mengontrol Kamu Dengan Keras

Hubungan yang sehat dan bahagia adalah ketika adanya kepercayaan serta keharmonisan juga kehangatan di dalamnya. Tapi, jika dalam hubungan salah satu pihak menjadi pengontrol pihak lain, hal ini akan menjadikan hubungan sebagai penyebab depresi dan sakit hati untuk pihak yang dikontrol dimana ruang geraknya sangat terbatas.

Pasangan Merasa Selalu Benar
Ketika kamu disandingkan dengan seseorang yang merasa selalu benar dan pintar, dipastikan hal ini akan membuat kamu mengalami sakit hati parah, tidak dihargai, tidak dipercayai hingga depresi. Jika pasangan kamu selalu merasa benar dan kamu salah, ini adalah suatu masalah besar. 

Pasangan Suka Membentak Kamu

Hidup dengan pasangan yang kasar, tidak menghargai apa yang kamu lakukan dan suka membentak, hal ini tentu saja menjadi masalah yang besar. Tak hanya hubungan yang kurang romantis yang akan tercipta, lebih jauh hal ini akan membuat hubungan menjadi penyebab utama dari munculnya depresi dan sakit hati berkepanjangan.

Pasangan Sakit Hati dan Depresi
Para ahli percaya bahwa sakit hati dan depresi merupakan suatu masalah psikologis yang bisa menular. Nah, jika pasangan kamu sedang sakit hati dan mengalami depresi, bisa saja hal ini akan menyebabkan kamu mengalami depresi pula. Apalagi, jika kamu tak bisa mengontrol emosi perasaan kamu dengan baik.

Pasangan Kamu Suka Marah-Marah

Kemarahan adalah satu perasaan negatif yang sangat tidak baik. Dan perasaan marah ternyata erat kaitannya dengan depresi. Penelitian membuktikan bahwa orang yang hidup dengan seorang pemarah akan rentan diselimuti perasaan takut, kurang percaya diri dan mudah depresi.

Pasangan Suka Berperilaku Kasar
Hubungan yang juga sering kali menyebabkan depresi adalah hubungan yang diselimuti dengan kekasaran di dalamnya. Ketika kamu disandingkan dengan seseorang yang kasar, suka main tangan dan melakukan kekerasan dalam rumah tangga, secara sadar atau tidak, secara lambat laun hal ini akan membuat kamu menjadi seseorang yang mudah depresi, sakit hati dan stres.

Itulah beberapa sikap pasangan yang bisa membuat kamu mengalami sakit hati berlebih hingga depresi. Jika kamu memiliki pasangan yang bersikap seperti ini, yakinkan hati kamu kembali apakah kamu masih ingin bersamanya atau kamu ingin memutuskan hubungan kalian. Yang pasti, kamu perlu hidup lebih baik dan lebih bahagia bersama pasangan yang lembut, yang romantis, yang melindungi, yang menghormati, yang menghargai dan membuat hubungan kalian bisa membuat kalian merasa bahagia serta begitu berharga.

[pos_1]

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading