Sukses

Lifestyle

Haruskah Menikah Tanpa Ekspektasi?

Menikah adalah impian setiap orang, bertemu dengan seseorang yang tepat kemudian menjalani pernikahan sesuai dengan impian bersama. Semua tentu menginginkan pernikahan yang ideal. Tetapi Ladies, ketika pernikahan yang kamu impikan jauh dengan ekspektasi yang kamu bangun selama ini apakah kamu akan menyalahkannya dan menganggap semua adalah takdir yang 'harus' dijalani?

Seperti yang dikutip npr.org menuliskan salah satu penelitian yang diterbitkan Wednesday dalam Personality and Social Psychology Bulletin dengan judul "Should Spouses Be Expecting Less From Marriage?" menjelaskan bahwa memiliki ekspektasi tinggi tentang pernikahan akan membuat kamu merasa lebih puas dan bahagia dalam menjalani pernikahan. Tetapi jika kenyataannya jauh dari ekspektasi kamu, yang terjadi adalah sebaliknya kamu akan terbebani dan merasa gagal.

James McNulty, seorang profesor Psikologi di Florida State University melakukan penelitian pada 135 pasangan, dimulai saat pasangan tersebut menikah. Dari penelitian tersebut didapat bahwa pasangan yang memiliki ekspektasi tinggi dalam pernikahan akan lebih mudah untuk berkomunikasi dengan baik bersama pasangan.

Hal ini berbeda dengan pasangan yang memiliki ekspektasi rendah pada pernikahan, mereka cenderung lebih susah memberikan informasi tentang ketidakpuasan mereka. Hal yang dirasa kurang dari pasangan pun tidak mampu disampaikan dengan baik. Masih menurut James McNulty hal inilah yang memicu kegagalan dalam pernikahan.

Ketika kamu mengalami masalah yang terjadi setelah pernikahan bukan berarti kamu harus menyerah pada keadaan. Yang harus kamu lakukan adalah berusaha menyamakan harapan tentang pernikahan, bersama pasangan. Dimulai dengan berkomunikasi yang baik bersama pasangan, dan tidak terlalu menuntut pernikahan harus berjalan sesuai dengan ekspektasi kalian masing-masing.

Ladies, menikah adalah sesuatu yang sakral. Harapan pernikahan untuk terjadi hanya sekali dalam seumur hidup adalah impian setiap orang. Belajar untuk saling menghargai adalah cara terbaik untuk mewujudkannya. Selamat mencoba.

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading