Sukses

Lifestyle

Menyimpan Dendam Pada Mantan Tak Baik, Yuk Belajar Memaafkan

Putus memang merupakan kondisi yang kurang menyenangkan dalam sebuah hubungan. Belum lagi jika, keputusan untuk putus tersebut di latarbelakangi karena suatu keadaan yang kurang menyenangkan dan putus pun dilakukan dengan cara yang kurang menyenangkan. Setelah mengakhiri hubungan dengan pertengkaran, biasanya pasangan yang dulunya mesra, akan sangat sulit untuk dekat dan menjadi teman. Parahnya, jika masih ada dendam yang tersisa, saling menjelekkan keburukan masing-masing pihak terhadap orang lain pun, tak terhindarkan (pfiuh!).

Jika Anda terjebak dalam kondisi seperti ini, tentu akan sangat tidak menyenangkan ya? Sebab, bermusuhan dengan mantan kekasih tidak memberikan kebaikan apapun di sisi kita. Jika sudah begini, mencoba berdamai dengan keadaan dan mantan kekasih menjadi cara ampuh agar Anda bisa menjalani hidup normal tanpa harus terbebani dendam. Dengan melakukan hal ini, Anda pun akan lebih move on dan menerima cinta yang baru.

Nah, agar berdamai dengan mantan terasa lebih mudah, berikut ini tips yang telah kami rangkum dari laman allwomenstalk.com, untuk Anda. Simak, ya!

  • Buat Jarak. Sebelum mampu berdamai dengan mantan, Anda memang sebaiknya membuat jarak dengan mantan kekasih. Memberikan jarak dalam beberapa minggu atau bulan akan membuat Anda bisa lebih tenang dan berpikir lebih jernih. Awalnya mungkin Anda akan melalui perasaan sakit hati, sedih dan terpuruk. Namun, setelah Anda bisa meredakan sakit hati tersebut, maka Anda akan mampu untuk mulai memaafkannya.
  • Memaafkan. Selama membuat jarak dengannya, Anda sebaiknya tidak perlu mengingat-ingat sikap dan kesalahannya yang membuat Anda sakit hati. Cobalah memulai untuk memaafkannya dengan terlebih dahulu memaafkan keadaan yang sedang meliputi Anda saat ini. Memaafkan merupakan cara terbaik untuk terlepas dari pikiran negatif yang akan semakin menyeret Anda dalam kekecewaan dan kesedihan.
  • Membuka Kembali Komunikasi. Setelah beberapa minggu atau bulan tidak berhubungan dengan mantan, coba kembali menghubunginya. Sekedar menanyakan keadaannya dan meminta maaf. Meski Anda tidak salah, namun bisa saja ada kata-kata yang menyinggung perasaannya ketika hubungan kalian berakhir, dulu. Tidak perlu begitu banyak menanyakan kehidupan pribadinya, agar tidak terjadi CLBK (cinta lama bersemi kembali).


Nah, itulah beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk mencoba berbaikan dengan mantan. Hal ini mungkin tidak akan mampu menutup semua luka yang Anda miliki karena hubungan yang telah berakhir, namun hal ini setidaknya akan membantu Anda menjadi lebih tenang dan tak terbebani dengan rasa sakit hati (ataupun rasa bersalah). Selamat mencoba!

(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading