Sukses

Lifestyle

Pedih, Ternyata Ini Alasan Beberapa orang Susah Move On Setelah Patah Hati

Beberapa kejadian dalam kehidupan di dunia ini bisa jadi pengalaman yang menyenangkan, menyedihkan, dan bahkan traumatis. Salah satu pengalaman yang bisa meninggalkan rasa trauma adalah patah hati. Banyak orang tak bisa move on dari rasa sakitnya di masa lalu karena cinta.

Namun tahukah kamu mengapa beberapa orang tak bisa begitu saja melupakan rasa sakitnya karena cinta? Bahkan beberapa orang masih menyimpan rasa marah, sedih, hingga menutup diri dan berjanji tidak jatuh cinta lagi. Sebegitu parah kah patah hati hingga bisa menyebabkan trauma?

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan baru-baru ini menemukan bahwa penolakan ternyata memang mampu mempengaruhi seperti negatif masa depan kehidupan cinta beberapa orang. Dalam penelitian tersebut, partisipan diminta menuliskan tentang pelajaran berharga apa yang mereka ambil dari pengalaman sakit hati cinta di masa lalu.

Setelah dianalisis, ternyata beberapa respon menunjukkan bahwa penolakan membuka penilaian mereka tentang diri sendiri secara negatif yang nantinya mempengaruhi kehidupan cinta mereka di masa depan. Hal inilah yang kemudian membuat mereka kesulitan menghadapi cinta lagi di masa mendatang. Beberapa orang mungkin akan membuat "dinding" untuk menutupi hatinya agar tidak tersakiti lagi.

Ada rasa takut yang membuat mereka tak lagi yakin untuk membangun hubungan baru. Di lain pihak, bagi mereka yang tidak mengalami trauma karena patah hati cinta justru akan mengembangkan pemahaman positif tentang patah hati dan membuat mereka menjadi orang yang lebih baik.

Dalam penelitian lain menemukan bahwa orang-orang memiliki mindset tertentu tentang karakteristik pribadi mereka, ada yang menganggap karakter mereka tak bisa diubah, ada yang berpikir karakter diri bisa berkembang. Dan mereka yang menganggap karakter tidak bisa berubah lah yang biasanya sulit menghadapi sakit hati hingga trauma.

Dengan pendekatan yang bertahap orang yang mengalami trauma karena patah hati bisa membuka hatinya lagi. Jadi, sekarang kamu tahu kan mengapa beberapa orang susah move on karena pernah gagal dalam hal cinta?

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading