Sukses

Parenting

Terbukti, 5 Hal Ini Adalah Tanda Pernikahanmu Bahagia dan Langgeng

Siapa sih yang ingin menjalani pernikahan yang berakhir dengan perceraian? Kamu pasti juga ingin pernikahanmu bisa awet hingga mau memisahkan bukan? Meski memang terdengar seperti sinetron, tapi setiap orang pasti juga mengharapkan yang sama.

Seorang psikologis Dr. John Gottman pun melakukan sebuah penelitian yang mengenai faktor-faktor apa yang bisa membuat pernikahan sepasang suami istri tetap langgeng. Dalam penelitiannya, ia menganalisis sepasang suami istri di dalam sebuah ruangan eskperimen yang ia sebut Love Lab, di mana mereka bisa bicara satu lain.

Dalam Love Lab, peneliti bahkan bisa memprediksi 91% secara akurat apakah sepasang suami istri punya pernikahan yang langgeng atau tidak setelah mendengar dan melihat mereka selama 5 menit saja. Kamera dipasang bukan hanya untuk merekam interaksi pasangan namun juga menganalisis reaksi satu sama lain.

Dari observasi 100 pasangan suami istri yang telah menjalani pernikahan selama 40 tahun lebih, para peneliti bisa mengenali tanda-tanda seperti apa yang membuat sebuah pernikahan bisa langgeng. Ini dia kesimpulan yang ia dapatkan. Lima hal ini adalah tanda pernikahanmu bisa tahan lama.

1. Kalian menghargai dan menghormati satu sama lain

2. Kalian tidak saling menyalahkan

3. Tidak merasa tinggi maupun rendah

4. Tidak menjatuhkan satu sama lain

5. Tidak mengabaikan perasaan satu sama lain

Ternyata, yang membuat sebuah pernikahan awet bukan karena mereka lebih kaya, lebih pintar, atau lebih siap secara mental, namun karena mereka bisa menghadapi dinamika yang datang dan mengimbangi dengan pikiran yang positif. Ini dia yang disebut dengan kecerdasan emosional menghadapi pernikahan.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading